Paska Erupsi Semeru, Gunung Anak Krakatau Dipantau secara Intens

Paska Erupsi Semeru, Gunung Anak Krakatau Dipantau secara Intens

Travel | BuddyKu | Selasa, 6 Desember 2022 - 14:42
share

JAKARTA, celebrities.id - Petugas pos pantau intens melakukan pengawasan terhadap Gunung Anak Krakatau, paska erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur.

Sebab kedua gunung berapi ini masih dalam satu lingkar cincin api pasifik. Sementara, pemerintah Kabupaten Lampung Selatan mengimbau warga tetap tenang dan tidak termakan isu hoaks.

Beruntung selama aktivitas Semeru meningkat, tidak mempengaruhi Gunung Anak Krakatau. Bahkan, sejak 14 november hingga kini, Gunung Anak Krakatau terpantau normal dan tidak erupsi.

Tercatat hanya terjadi hembusan dan gempa frekuensi kecil dengan kekuatan amplitudo 1 milimeter dari dalam kawah dan hanya mengeluarkan asap putih tipis dengan tekanan lemah setinggi 25 meter.

Menurut keterangan pihak pos pantau Gunung Anak Krakatau, kedua gunung berapi ini memang dalam satu jalur cincin api pasifik namun memiliki dapur magma yang berbeda sehingga Gunung Anak Krakatau cenderung aman.

Andi Suwardi yang merupakan kepala pos pantau Gunung Anak Krakatau juga turut mengimbau warga agar tetap tenang dan tidak termakan isu hoaks dari sumber yang tidak jelas.

Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan memastikan akan memberikan informasi terbaru aktifitas Gunung Anak Krakatau. Dinas terkait juga telah melakukan persiapan dan antisipasi jika terjadi bencana, kata dia pada Selasa (6/12/2022).

Sementara itu, Nanang Ermanto, Bupati Lampung Selatan mengatakan bahwa saat ini Gunung Anak krakatau berstatus Siaga atau Level III.

Wisatawan dan nelayan dilarang mendekati Gunung Anak Krakarau di radius 5 kilometer karena sangat berbahaya, ujarnya.