Pisau Raksasa Kopassus yang Jadi Cerita Mistis di Gunung Manik, Ini Kisah Nyatanya

Pisau Raksasa Kopassus yang Jadi Cerita Mistis di Gunung Manik, Ini Kisah Nyatanya

Travel | BuddyKu | Selasa, 6 Desember 2022 - 08:19
share

JAKARTA, iNewsSurabaya.id Pengendara kendaraanyang biasa melewati Bandung-Cianjur via Cipatat sudah tidak asing dengan pemandangan pisau komando raksasa yang tertancap di Gunung Manik, Desa Citatah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

Di kutip dari Okezone, Gunung Manik ini banyak menyimpan misteri dan cerita misteri turun temurun di masyarakat sekitar. Bahkan, keberadaan pisau raksasa di atasnya kerap dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis.

Ada segelintir orang yang mengaitkan pisau komando itu dengan peristiwa bencana Tsunami Aceh pada 2004. Disebutkan, pada malam hari sangkur tersebut akan terlihat menyala.

Dilansir beragam sumber, pisau komando setinggi 8 meter tersebut ternyata sebuah monumen yang dibuat oleh kesatuan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Kopassus.

Diketahui, Gunung Manik juga merupakan tempat latihan para prajurit TNI. Bahkan, sejak tahun 1965 Gunung Manik sudah digunakan sebagai tempat latihan prajurit RPKAD ( Kopassus ).

Pisau komando raksasa di Gunung Manik itu terlihat jelas ketika berkendara di jalan nasional yang mengarah dari Padalarang menuju Cianjur ataupun sebaliknya.

Pondasinya menggunakan sebuah style box yang merupakan peninggalan Belanda. Di sekitarnya juga terdapat lampu yang menyala pada malam hari, sehingga membuat pisau tersebut terlihat terang benderang.

Topik Menarik