Sama Kuat, Jepang Vs Kroasia Berlanjut ke Babak Tambahan Waktu

Sama Kuat, Jepang Vs Kroasia Berlanjut ke Babak Tambahan Waktu

Travel | BuddyKu | Selasa, 6 Desember 2022 - 00:02
share

AL WAKRAH Laga Timnas Jepang vs Kroasia berakhir sama kuat 1-1 dalam 90 menit waktu normal. Laga 16 besar Piala Dunia 2022 itu pun harus berlanjut di babak perpanjangan waktu.

Tampil di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar pada Senin (5/12/2022) pukul 22.00 WIB, Jepang unggul lebih dulu lewat gol dari Daizen Maeda pada menit ke-43. Sementara gol penyeimbang Kroasia dicetak oleh Ivan Perisic (55\').

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama

Timnas Kroasia mengawali babak pertama dengan mencoba bermain ofensif. Mereka menerapkan serangan masif, yang dimotori langsung oleh trio lini tengah Luka Modric, Marcelo Brozovic, dan Mateo Kovacic.

Sayangnya, beberapa serangan yang dilancarkan tidak efektif untuk membongkar pertahanan Samurai Biru -julukan Timnas Jepang. Sebaliknya, pasukan Hajime Moriyasu yang bermain dengan polapressingjustru mendapatkan peluang emas lewat tandukkan Shogo Taniguchi.

Namun, bola meluncur tepat di sisi kanan tiang gawang Dominik Livakovic. Kedua tim yang bermainngototmenampilkan permainan jual beli serangan. Situasi itu terjadi hingga pertandingan memasuki menit ke-20.

Setelah itu, Vatreni -julukan Timnas Kroasia- menurunkan tempo permainan. Kendati begitu, tim besutan Zlatko Dalic itu perlahan membangun serangan yang mengancam pertahanan Samurai Biru. Beruntung, Timnas Jepang mampu mengantisipasinya dengan baik.

QATAR - Daizen Maeda merayakan gol pertama mereka dengan Wataru Endo, Maya Yoshida dan Shogo Taniguchi dalam laga Piala Dunia 2022 Qatar pada Babak 16 Besar antara Jepang vs Kroasia di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar, Senin (5/11/2022) waktu setempat.

Samurai Biru kini bermain dalam tekanan. Terpantau, Daichi Kamada dan kolega hanya bisa menunggu momentum untuk melancarkan serangan balik cepat. Namun demikian, memasuki menit ke-35, Timnas Jepang mampu memegang kontrol permainan.

Permainan umpan pendek yang cukup rapi ditampilkan oleh Samurai Biru di pengujung babak pertama. Akhirnya, mereka mampu unggul lebih dulu lewat sepakan Daizen Maeda (43). Gol berawal dari umpan panjang, yang kemudian berujung kemelut di depan gawang Livakovic.

Maeda yang berdiri dalam kotak penalti langsung melepaskan tembakan terukur yang tak terbendung penjaga gawang. Pada akhirnya, Timnas Jepang berhasil mengungguli Kroasia di babak pertama dengan skor tipis 1-0.

Babak Kedua

Di babak kedua Kroasia tampil lebih menekan. Mereka mengambil inisiatif serangan lewat umpan-umpan panjang.

Unggul postur tubuh membuat mereka lebih unggul atas pemain Jepang. Benar saja, rapatnya pertahanan Jepang akhirnya tembus pada menit ke-55.

Umpan terukur dari Dejan Lovren mampu disambut oleh sundulan dari Ivan Perisic. Bola pun mengarah ke pojok kiri gawang Gonda dan membuat kedudukan imbang 1-1.

Sundulan Ivan Perisic robek gawang Timnas Jepang (Foto: REUTERS)
Sundulan Ivan Perisic robek gawang Timnas Jepang (Foto: REUTERS)

Selepas gol tersebut, Timnas Kroasia menurunkan tempo permainan. Hal ini membuat Jepang leluasa untuk melancarkan serangan masif. Pada menit ke-57, Samurai Biru mendapatkan peluang emas setelah Wataru Endo melepaskan tembakan terukur.

Namun, Livakovic mampu menghalau sepakan keras pemain Stuttgart itu. Tak mau terus digempur, Vatreni juga melancarkan serangan. Kali ini, giliran Suichi Gonda yang harus jatuh bangun menyelamatkan gawangnya.

Memasuki menit ke-70, Timnas Kroasia melancarkan serangan masif. Ivan Perisic, Luka Modric, dan Mario Pasalic secara bergantian melepaskan ancaman untuk Gonda. Akan tetapi, mereka masih belum bisa menggandakan keunggulan.

Memasuki menit-menit akhir, kedua tim yang terus mencari gol tambahan tak membuahkan hasil. Pada akhirnya, hasil imbang 1-1 memaksa kedua tim bermain dalam babak tambahan atau perpanjangan waktu.

SUSUNAN PEMAIN:

Jepang (3-4-3): Suichi Gonda (GK), Takehiro Tomiyasu, Shogo Taniguchi, Junya Ito, Wataru Endo, Hidemasa Morita, Yuto Nagatomo (Kaoru Mitoma 64), Ritsu Doan (Takumi Minamino 87), Daizen Maeda (Takuma Asano 64), Daichi Kamada (Hiroki Sakai 75).

Pelatih: Hajime Moriyasu

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic (GK), Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Barisic, Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic, Andrej Kramaric (Mario Pasalic 68), Bruno Petkovic (Ante Budimir 62), Ivan Perisic.
Pelatih: Zlatko Dalic

Topik Menarik