Kenalan dengan Teh Lokal Asli Indonesia, Cocok Dikreasikan Jadi Minuman Kekinian

Kenalan dengan Teh Lokal Asli Indonesia, Cocok Dikreasikan Jadi Minuman Kekinian

Travel | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 22:27
share

JAKARTA, iNews.id - Selain kopi, minuman teh belakangan ini memiliki penggemar tersendiri. Ada banyak jenis teh di Indonesia yang memiliki ciri khas yang unik.

Ya, teh memang nikmat disajikan hangat atau dingin. Bisa juga dikreasikan dengan susu, cokelat, atau ditambahkan buah segar. Masing-masing memiliki kenikmatan berbeda.

Perlu diketahui, produk teh Indonesia merupakan salah satu yang memiliki kualitas terbaik di dunia. Bagi Indonesia, teh berperan penting sebagai penyumbang devisa negara, pengentasan kemiskinan masyarakat desa, dan pelestarian lingkungan.

Menurut data Kemenko Perekonomian pada 2020, Indonesia menduduki peringkat ketiga belas eksportir teh terbesar dunia yang memasok 45.265 ton teh atau senilai 96.326 ribu dolar AS.

Namun di tengah tren konsumsi teh global yang terus meningkat, kondisi sektor teh Tanah Air justru semakin melesu.

Waras Paliant selaku Ketua Paguyuban Tani Lestari mengatakan, posisi petani teh di Indonesia berada di paling ujung rantai pasok dengan segala keterbatasannya. Ketergantungan yang besar dengan pelaku lain juga semakin menempatkan petani pada posisi tawar yang rendah, sehingga harus ada solusi inovatif untuk mengubah kondisi tersebut.

Salah satunya adalah seperti yang kami (paguyuban) lakukan bersama para petani dengan membangun produk teh rakyat yang telah kami beri nama Teh nDeso, ujar Waras Paliant melalui keterangannya belum lama ini.

width=800

Menurut dia, membanjirnya impor teh di pasaran Indonesia disebabkan konsumen Indonesia yang lebih menghendaki produk teh dengan harga murah. Hal itu membuat para pengusaha minuman dengan bahan baku teh, lebih memilih mengimpor teh berkualitas rendah dengan harga yang lebih murah.

Jika kondisi ini berlanjut, tentu dapat merugikan sektor teh Indonesia dan pastinya akan memberikan dampak negatif bagi seluruh petani teh, kata dia.

Ratri Kustanti Direktur ITMA (Indonesian Tea Marketing Asisociation) mengungkapkan, ITMA akan selalu memberikan support pada produk teh rakyat, karena masa depan industri teh Indonesia sangat bergantung pada Perkebunan Rakyat, mengingat dominasi kepemilikan lahan ada pada mereka.

Kami mengajak generasi muda terutama yang bergerak di sektor F&B, Kafe, dan UKM pangan untuk ikut membantu mempromosikan dan menggunakan produk yang dihasilkan dari teh rakyat, ujar Ratri.

Dia menambahkan, dengan adanya promosi teh lokal, sedikit demi sedikit, para petani mulai menyadari peran pentingnya di rantai pasok dan melakukan upaya perbaikan kolektif melalui kelompok atau koperasi tani. Di antaranya dengan mendayagunakan koperasi sebagai pengumpul untuk memangkas rantai pasok, mengimplementasikan Good Agricultural Practice, hingga diversifikasi produk untuk meningkatkan nilai tambah hasil panen.

Bahkan, sejumlah sentra teh Indonesia telah mengembangkan merek teh daerahnya masing-masing yang diproduksi secara mandiri sebagai aktualisasi keterlibatan petani di ranah industri agribisnis, katanya.

Salah satunya, Teh nDeso, teh lokal yang dibangun Paguyuban Tani Lestari dan diproduksi langsung dari perkebunan teh rakyat di Jawa Barat dan Jawa Tengah.Melalui unit usaha ini, petani tidak hanya menjadi produsen bahan baku saja, tetapi juga sebagai pemilik brand dan pelaku bisnis di industri teh.

Nanang Christianto selaku pengelola brand Teh nDeso mengatakan, produk teh ini diproduksi dari pucuk teh berkualitas yang hanya diambil dari perkebunan teh rakyat dengan sortasi dan manajemen mutu yang terjamin agar mempunyai cita rasa dan aroma khas.

Menurut dia, Teh nDeso juga sudah mendapatkan standar Lestari yang memastikan praktik budidaya dan pengolahan teh sudah memerhatikan aspek sosial dan lingkungan berdasarkan prinsip berkelanjutan.

Kami memberikan harga yang adil untuk petani-petani karena mereka sudah melakukan proses budidaya sesuai dengan standar. Teh nDeso ikut mempertahankan eksistensi perkebunan teh rakyat juga memberikan kualitas teh terbaik untuk konsumen Indonesia.

Dia menjelaskan, peningkatan minat konsumen domestik terhadap teh kini mulai terlihat dari maraknya kafe-kafe yang menawarkan sajian teh yang digemari kaum muda. Marilah kita sebagai masyarakat Indonesia berpartisipasi dalam transformasi sektor teh Indonesia dan memaksimalkan momentum ini, demi menjaga keberlangsungan teh Indonesia agar tidak punah, kata dia.

Topik Menarik