Cara Membuat Yogurt yang Enak dan Mudah dengan 2 Bahan

Cara Membuat Yogurt yang Enak dan Mudah dengan 2 Bahan

Travel | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 18:27
share

JAKARTA, iNews.id - Cara membuat yogurt tidak terlalu sulit. Yogurt terbuat dari olahan susu sapi atau kambing dan rasanya lezat.

Yogurt memiliki tekstur agak kental, hampir serupa dengan es krim. Dimana proses pembuatannya menggunakan bakteri lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophillus. Di dalamnya terdapat kultur aktif bakteri tersebut.

Lama proses fermentasi ini akan berakibat pada turunnya pH yogurt dengan rasa asam yang khas. Produk fermentasi satu ini kaya akan nutrisi, karena mengandung energi, protein, lemak, karbohidrat.

Yogurt mengandung mineral (kalsium, fosfor, natrium, dan kalium) dan mempunyai kandungan vitamin cukup lengkap yaitu, vitamin A, B kompleks, B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B6 (piridoksin), B12 (sianokobalamin), vitamin C, vitamin D, E, asam folat, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin dan kolin.

Adapun kandungan vitamin D dari yogurt baik untuk kesehatan tulang. Manfaat lain yang didapat adalah meningkatkan sistem imun tubuh, serta mengurangi risiko tekanan darah tinggi, dan lainnya.

Kali ini, tidak harus membeli yogurt dalam ukuran besar, Anda bisa membuat di rumah. Berikut ulasan cara membuat yogurt yang enak dari susu. Dirangkum pada Senin (5/12/2022).

Bahan:

700 - 1.000 ml susu segar/UHT Plain
2 sdm penuh (80gr) greek yogurt plain

Cara membuat:

1. Tuang susu ke dalam panci dan panaskan susu, jangan sampai mendidih. Gunakan api sedang dan aduk terus susu agar panas merata suhu 70-80 derajat. Kemudian, turunkan suhunya sampai hangat kuku, tunggu sampai 20-25 menit.
2. Masukkan bibit yogurt sebanyak 2 sdm (80 gr) ke dalam susu dan aduk hingga tercampur merata.
3. Masukkan susu ke dalam termos, dan pastikan jangan sampai air tercecer di bibir termos karena akan berpengaruh terhadap hasilnya. Pastikan termos tertutup dengan rapat atau jika menggunakan jar, Anda perlu menutup dengan plastik wrap dan simpan di dalam oven tanpa dinyalakan selama 12-18 jam.
3. Setelah 18 jam, Anda bisa melakukan pengecekkan dari tekstur dan rasa. Tekstur susu harus mengental dan creamy, rasa juga harus asam seperti rasa yogurt pada umumnya.
4. Jika rasa terlalu asam, bisa juga ditambahkan menggunakan madu atau pemanis lain, asalkan jangan gula pasir. Simpan yogurt di dalam kulkas atau lemari pendingin untuk hasil yang lebih baik.

Catatan: untuk penyimpanan yogurt akan lebih baik dilakukan di termos, karena hasilnya akan lebih bagus dibandingkan dengan penyimpanan di jar.