BPBD Sangihe Imbau Warga Waspadai Bencana saat Musim Hujan

BPBD Sangihe Imbau Warga Waspadai Bencana saat Musim Hujan

Travel | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 18:12
share

SANGIHE, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara mengimbau warga setempat tetap mewaspadai bencana akibat hujan yang melanda daerah itu. Meski saat ini diguyur hujan dengan intensitas sedang, masyarakat harus tetap waspada.

Warga masyarakat khususnya yang tinggal di lereng bukit dan bantaran sungai untuk selalu waspada sebab hujan masih mengguyur Kepulauan Sangihe, kata Kepala BPBD Kepulauan Sangihe Wandu Labesi di Sangihe, Senin (5/12/2022)

Dalam kondisi hujan seperti ini, katanya, seringkali mengakibatkan longsor di ruas jalan yang ada di luar kota Tahuna sehingga membahayakan pengguna jalan roda empat dan dua.

Menurut dia, aktifitas masyarakat untuk melakukan perkunjungan keluarga antarkampung dan kecamatan di akhir tahun seperti ini sudah mulai meningkat sehingga BPBD mengingatkan mereka tetap waspada terhadap kondisi alam.

Pengendara kendaraan luar kota Tahuna, baik roda dua maupun empat diminta tetap waspada terhadap bahaya longsor serta pohon tumbang.

Demikian juga yang menggunakan transportasi laut, katanya, agar tetap memperhatikan kondisi alam.

Kepada pihak-pihak terkait diminta untuk melakukan kesiapan, kewaspadaan, atau kesiagaan untuk mencegah terjadinya dampak cuaca ekstrem berkepanjangan saat ini.

Dia berharap, semua pemerintah di kecamatan dan kampung juga selalu waspada terhadap ancaman bencana saat cuaca ekstrem saat ini.

Kami berharap pemerintah di kampung dan kelurahan juga meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem saat ini guna menghindari jatuhnya korban jiwa, ujarnya.

Topik Menarik