5 Museum Date di Yogyakarta, Cocok Bagi Generasi Z

5 Museum Date di Yogyakarta, Cocok Bagi Generasi Z

Travel | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 15:20
share

JAKARTA, iNews.id - Kota Yogyakarta memiliki banyak destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam. Ada juga tempat umum yang nyaman dan menarik, yang berisi mahakarya seniman besar di Indonesia dan luar negeri seperti galeri seni.

Kota Yogyakarta dikenal sebagai kota budaya memiliki banyak museum atau galeri seni yang menaruk untuk dikunjungi. Tren museum day membuat citra galeri seni semakin menarik di mata generasi Z. Siapa sangka galeri seni bisa menjadi tempat asik untuk romantisme bersama pasangan.

Lantas dimana saja museum tersebut? Mari simak di bawah ini. 5 Museum Date di Yogyakarta, Cocok Bagi Generasi Z

1. Gajah Gallery Jogja

Galeri seni ini berkembang sebagai wadah bagi para seniman kontemporer dari Asia Tenggara untuk mengekspresikan ide-idenya. Gajah Gallery pertama berdiri di Monk Hill, Singapura. Sedangkan Gajah Gallery Jogja menjadi bukti bahwa kesenian Indonesia diakui di mancanegara.

Galeri Gajah selanjutnya memilih Yogyakarta sebagai lokasi kedua pendirian. Galeri ini awalnya dimulai dengan pembentukan The Yogyakarta Art Lab atau YAL. YAL menjadi ruang eksperimen tempat para frater berkumpul dan menghasilkan karya seni.

Gajah Gallery Jogja terletak di Jalan Keloran No 6, Yogyakarta. Gallery ini buka setiap hari Senin hingga Jumat mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB.

2. Sangkring Art Space

Museum date di Yogyakarta selanjutnya berada di Sangkring Art Space, pengunjung akan menemukan berbagai karya seni dari seniman ekspresif. Sangkring Art Space terbagi menjadi tiga ruang seni yaitu Sangkring Art Space, Sangkring Art Project dan Bale Banjar.

Sangkring Art Space di Jalan Nitiprayan No 88, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Sangkring Art Space buka setiap Senin hingga Sabtu mulai pukul 11.00 hingga 17.00 WIB.

Sangkring Art Space didirikan dengan misi untuk merangkul, menangkap keragaman artistik di ruang seni. Sangkring Art Space didirikan pada tahun 2007 oleh Puthu Suttawijaya sebagai tempat seniman dan para penikmat seni dapat berbagi.

3. Langgeng Art Space

Langgeng Art Space adalah rumah bagi seni kontemporer dari Langgeng Art Foundation atau LAF. Pusat Seni Langeng memiliki beberapa ruang galeri yang dapat dijelajahi pengunjung.

Langgeng Art Space terletak di Jalan Suryodiningratan No 37, Mantrijeron, Yogyakarta dan didirikan pada tahun 2010. Langgeng Art Space buka setiap hari dari Senin hingga Sabtu mulai pukul 10.00 hingga 16.00 WIB.

Tak jarang ada workshop yang bisa diikuti oleh masyarakat umum. Workshop ini diselenggarakan oleh para seniman dan komunitas seni di Yogyakarta.

4. Cemeti Institut untuk Seni dan Masyarakat

Museum date di Yogyakarta berikutnya adalah Cemeti. Cemeti adalah pertemuan seniman, kurator, peneliti, aktivis, praktisi, hingga penulis. Bersama-sama mereka mengembangkan seni, sehingga Art Center Semeti sering mengangkat isu-isu sosial dan politik. Cemeti berdiri sejak tahun 1988 dan merupakan tempat tertua perkembangan seni rupa modern di Indonesia.

Cemeti berlokasi di Jalan DI Panjaitan No 41, Yogyakarta yang buka setiap hari dari Senin hingga Sabtu mulai pukul 11.00 hingga 17.00 WIB.

5. Jogja Gallery

Jogja Gallery cocok sebagai museum date di Yogyakarta yang buka setiap hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Jogja Gallery berlokasi di Jalan Pekapalan Alun-alun Utara 7, Prawirodirjan, Gondokusuman, Yogyakarta.

Pada waktu-waktu tertentu, Galeri Joja juga menghasilkan karya seni yang menarik. Di Galeri Joja, pengunjung bisa melihat berbagai karya seni, mulai dari lukisan hingga film.

Tujuan pembangunan Jogja Gallery adalah untuk mendukung pelestarian karya seni di Yogyakarta. Jogja Gallery diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buono X pada tahun 2006.

Nah itulah 5 museum date di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi bersama orang tersayang.

Topik Menarik