20 Daftar Anak Perusahaan Pertamina, dari Minyak, Hotel sampai Transportasi Udara

20 Daftar Anak Perusahaan Pertamina, dari Minyak, Hotel sampai Transportasi Udara

Travel | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 14:15
share

JAKARTA Pertamina merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang eksplorasi, transmisi serta memproduksi minyak dan gas. Berdiri sejak 1957, perusahaan pelat merah ini memiliki sejumlah anak perusahaan.

Melansir dari laman resmi PT pertamina, sedikitnya ada 20 lebih anak perusahaan yang dinaunginya. Berikut daftarnya :

1. PT Pertamina Geothermal Energy

Perusahaan ini didirikan pada tahun 2006, PT Pertamina Geothermal Energy bergerak di bidang pengelolaan dan pengembangan sumber daya panas bumi, termasuk eksplorasi dan eksploitasi, produksi uap dan pembangkit listrik, serta jasa konsultasi panas bumi, konstruksi, operasi dan pemeliharaan, serta pengembangan teknologi.

2. PT Pertamina EP

PT. Pertamina EP berdiri tahun 2005 yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang minyak bumi dan gas. Perusahaan ini menjadi perusahaan terbesar karena perusahaan ini memiliki agen yang banyak dari eksploitasi serta penjualan minyak bumi dan gas.

3. PT Pertamina Hulu Energi

Perusahaan ini didirikan pada tahun 2002 (dahulu PT Aroma) dan bergerak dalam pengelolaan usaha hulu minyak dan gas bumi dan energi di dalam dan luar negeri, serta usaha terkait dan/atau perusahaan penunjang usaha di bidang minyak dan sektor gas.

4. PT Pertamina EP Cepu ADK

Perusahaan ini didirikan pada tahun 2005 sebagai anak perusahaan PT. Pertamina EP dan berubah status menjadi anak perusahaan PT PERTAMINA (PERSERO) pada tahun 2007, bergerak di bidang eksplorasi, penambangan dan produksi di blok Cepu.

5. PT Pertamina Drilling Services Indonesia

Pertamina Drilling Services Indonesia yang merupakan bagian dari PT.Pertamina (Persero) sesuai dengan namanya bergerak di bidang jasa pengeboran, dimana jasa pengeboran tersebut adalah pengeboran dan perbaikan sumur minyak & gas serta geothermal.

6. PT Tugu Pratama Indonesia

Perusahaan ini bergerak pada bidang asuransi dana pensiun karyawan Pertamina serta juga mengendalikan keuangan perusahaan pertamina dalam industri minyak dan gas.

7. PT Pertamina Dana Ventura

Perusahaan ini bergerak dalam bidang investment dan portfolio management servis yang mempunyai hak partisipasi yakni 99.93%.

8. PT Pertamina Bina Medika

Perusahaan ini bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan, yang berpusat di rumah sakit pertamina bina medika Jakarta.

9. PT Patra Jasa

Perusahaan ini bergerak dalam bidang properti seperti hotel, meotel, kantor dan penyewaan bekas properti lainnya yang dimiliki PT. Pertamina.

10. PT Pelita Air Service

Perusahaan ini bergerak dalam bidang transportasi udara, aircraft dan juga pada regular air service.

11. PT Pertamina Gas

Didirikan pada tahun 2007, PT Pertagas bergerak dalam bidang perdagangan, distribusi, transportasi, pemurnian dan bisnis lain yang terkait dengan gas bumi dan turunannya.

12. PT Pertamina Lubricants

PT Pertamina Lubricants merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang didirikan pada tanggal 23 September 2013 dan pada tanggal 30 Oktober 2013 menghapus divisi Pelumas PT Pertamina (Persero).

13. PT Pertamina Patra Niaga

Didirikan pada tahun 1997, PT Pertamina Patra Niaga bergerak dalam bisnis hulu minyak dan gas bumi dalam perdagangan bahan bakar, manajemen bahan bakar, manajemen armada dan inventaris, perdagangan teknologi dan non-bahan bakar.

14. PT Pertamina Retail

Perusahaan ini bergerak dalam bidang usaha retail SPBU yang didirikan pada tanggal 1 September 2005 dan baru mulai beroperasi pada tahun 2006.

15. PT Pertamina Training & Consulting

Perusahaan ini berpartisipasi dalam pengembangan sumber daya pengetahuan dan pengembangan pengetahuan dan teknologi.

16. PT. Nusantara Regas

Perusahaan ini bergerak dalam pengadaan LNG, penyediaan kilang FSRU dan fasilitas lainnya, serta penjualan gas alam.

17. PT Pertamina International Shipping

Perusahaan ini didirikan pada tahun 2016, yang bergerak sebagai perusahaan pelayaran internasional.

18. PT. Patra Dok Dumai

Perusahaan ini bergerak dalam bidang pemeliharaan dan perbaikan fasilitas seperti perbaikan kapal dan unit operasi lainnya.

19. PT Pertamina Trans Kontinental

Perusahaan ini bergerak dalam bidang non tanker domestik untuk industri minyak dan manajemen KABIL.

20. PT Pertamina EP Cepu ADK

Perusahaan ini berdiri pada tahun 2013 yang memiliki wilayah kerja pada Alas Dara di Kabupaten Blora Jawa Tengah.

(bim)

Topik Menarik