Jembatan Pelangi di Gunungkidul Ambruk Diterjang Banjir

Jembatan Pelangi di Gunungkidul Ambruk Diterjang Banjir

Travel | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 07:55
share

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Gunungkidul menyebabkan banjir menerjang Dusun Jeruk Legi, Kalurahan Katongan, Kapanewon Nglipar. Banjir mengakibatkan Jembatan Pelangi yang ada di pedukuhan tersebut ambruk.

Meski hanya jembatan kecil, namun menjadi akses penting bagi warga sekitar untuk ke pasar, sekolah dan fasilitas publik lainnya. Kini warga harus memutar sejauh lima kilometer.

Jembatan ini didirikan pada 2019 lalu dengan anggaran pembangunan mencapai Rp200 juta. Banjir yang membawa material kayu dan bambu telah membuat jembatan ini roboh dan tidak bisa dilalui.

Hujannya deras dan membawa material kayu dan bambu sehingga menabrak jembatan dan rusak, kata Koordinator Forum Risiko Bencana Desa Kantongan, Sutari, Senin (5/12/2022).

Sebenarnya warga sudah berusaha membersihkan sampah dan material yang menyangkut. Namun kondisi jembatan rusak dan tidak bisa diselamatkan. Warga akhirnya menepikan bagian jembatan dengan cara memotong agar tidak terbaw banjir.

Kami potong agar tidak terbawa banjir susulan, ujarnya.

Dampak putusnya jembatan, membuat warga harus memutar cukup jauh. Apalagi jembatan ini menjadi akses vital bagi warga ke pedukuhan lain, ataupun ke sawah. Warga berharap pemerintah segera memangun jembatan lagi agar bisa dimanfaatkan.

Topik Menarik