Erupsi Gunung Semeru Rusak Rumah dan Tempat Ibadah di Kajar Kuning, Jembatan Hancur

Erupsi Gunung Semeru Rusak Rumah dan Tempat Ibadah di Kajar Kuning, Jembatan Hancur

Travel | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 07:40
share

LUMAJANG, iNews.id - Erupsi Gunung Semeru merusak rumah hingga fasilitas umum dan tempat ibadah di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang. Material abu vulkanis menimbun beberapa bangunan hingga menyebabkan kerusakan parah.

Bahkan Jembatan Kajar Kuning yang baru diresmikan Agustus 2022 lalu hancur disapu awan panas guguran (APG) Gunung Semeru. Jembatan yang membelah Sungai Cangkah itu luluh lantak akibat terjangan material vulkanis Semeru yang cukup besar.

Pantauan di lokasi material lava juga merusak rumah dan tempat ibadah. Beberapa di antaranya ambruk dan tertimbun abu hingga mendekati atap.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, kerusakan paling parah akibat Erupsi Gunung Semeru, Minggu (4/12/2022) ada di Dusun Kajar Kuning. Namun, hingga saat ini belum ada laporan korban atas peristiwa ini.

Tadi kita dapat laporan ada APG (awan panas guguran) masuk ke permukiman di Kajar Kuning yang mengarah ke Curah Krobokan. Ternyata benar, ada rumah-rumah warga yang terkena APG, katanya.

Sementara itu karena suhu material lava masih panas, pemerintah setempat masih menyeterilkan area ini dari segela aktivitas warga.

Topik Menarik