Abu Vulkanis Mengarah ke Barat Daya, Erupsi Gunung Semeru Tak Ganggu Penerbangan

Abu Vulkanis Mengarah ke Barat Daya, Erupsi Gunung Semeru Tak Ganggu Penerbangan

Travel | BuddyKu | Minggu, 4 Desember 2022 - 14:23
share

LUMAJANG, iNews.id - Erupsi Gunung Semeru tidak menganggu penerbangan di Bandara Juanda Surabaya dan Abdurahman Saleh Malang. Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, abu vulkanis Gunung Semeru mengarah ke barat daya.

Teramati sebaran debu abu vulkanik Gunung Semeru pada pukul 11.40 WIB pada ketinggian hingga 50.000 kaki, bergerak ke barat daya dengan kecepatan 20 Knot dan intensitas meningkat, kata Kasi Data Dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto, Minggu (4/12/2022).

Sejauh ini dari pengamatan BMKG abu vulkanik belum menganggu jalannya penerbangan baik di Bandara Juanda maupun yang terdekat di Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang.

Berdasarkan peta sebaran abu vulkanik yang ada, belum terkonfirmasi adanya bandara dan ATS Route yang terdampak dari erupsi Gunung Semeru siang hari ini, katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Gunung Semeru menunjukkan aktivitas yang meningkat sejak Minggu dini hari. Puncaknya pada Minggu pagi awan panas guguran meluncur hingga radius 7 kilometer.

Bahkan hingga Minggu siang aktivitas gunung tertinggi di Pulau Jawa itu masih menunjukkan tanda-tanda peningkatan. PVMBG sendiri melalui laporan dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Semeru telah menaikkan status dari level III atau siaga menjadi level IV atau awas.

Topik Menarik