Loading...
Loading…
5 Kampung Unik yang Hanya Ada di Majalengka, Nomor 4 Penduduknya Tak Bisa Melihat Matahari Saat Musim Hujan

5 Kampung Unik yang Hanya Ada di Majalengka, Nomor 4 Penduduknya Tak Bisa Melihat Matahari Saat Musim Hujan

Powered by BuddyKu
Travel | Inews | Minggu, 04 Desember 2022 - 11:47

JAKARTA, iNews.id - Sederet kampung unik yang hanya ada di Majalengka berikut patut untuk diketahui. Keunikannya berasal dari penduduknya hingga cuaca di kampung tersebut.

Karena keunikan itulah, beberapa dari kampung-kampung ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Bahkan ada pula yang telah direncanakan untuk dijadikan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Majalengka.

Adapun lima kampung unik di Kabupaten Majalengka yang dilansir iNews.id dari berbagai sumber pada Jumat (2/12/2022) adalah sebagai berikut.

Kampung unik yang hanya ada di Majalengka

1.Desa Patuanan

Desa Patuanan terletak di Kecamatan Leuwimunding, Majalengka. Desa ini dijuluki Jawa Tengah karena mayoritas penduduknya menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari.

Padahal, desa-desa di sekitarnya banyak yang menggunakan bahasa Sunda. Penggunaan bahasa Jawa di Desa Patuanan ini diduga kuat disebabkan karena desa tersebut menjadi lokasi pelarian tentara Mataram pada masa Sultan Agung.

2.Dusun Balemalang

Dusun Balemalang berada di Desa Balagedog, Kecamatan Sindangwangi. Dusun ini begitu unik karena hanya ada tujuh rumah sejak dahulu kala.

Rumah di dusun tersebut tidak bertambah maupun berkurang. Menariknya lagi, tidak ada ada suara kendaraan bermotor di Dusun Balemalang.

3.Desa Babajurang

Desa Babajurang dijuluki sebagai kampung domba. Pasalnya, terdapat populasi domba di desa itu sangat banyak, bahkan melebihi jumlah penduduk.

Karena keunikan tersebut, Desa Babajurang hendak dijadikan desa wisata. Di sana, wisatawan akan belajar mengenal lebih jauh peternakan domba.

4.Dusun Jotang

Dusun Jotang terletak di Desa Cimuncang, Kecamatan Malausma. Saat musim hujan tiba, penduduk dusun tersebut tidak bisa melihat matahari.

Pasalnya, seluruh area Dusun Jotang tertutup oleh kabut. Karenanya, dusun ini kerap dijuluki Negeri dalam Pelukan Awan.

5.Desa Pakubeureum

Sekilas Desa Pakubeureum terlihat sama dengan desa-desa lainnya di Kabupaten Majalengka. Namun desa ini ternyata menyimpan keunikan dari segi penduduknya.

Sebagai informasi, sekitar 95 persen ibu rumah tangga di Desa Pakubeureum pernah menjadi TKW di Arab Saudi. Sejak saat itu, taraf ekonomi warga di desa tersebut disebut cukup meningkat.


Itulah 5 kampung unik yang hanya ada di Majalengka. Adakah yang ingin kamu kunjungi?

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{
{