Diterjang Banjir Rob, 8 Desa di Pemalang Terendam

Diterjang Banjir Rob, 8 Desa di Pemalang Terendam

Travel | BuddyKu | Minggu, 4 Desember 2022 - 01:02
share

PEMALANG Banjir rob menerjang wilayah pesisir, Kabupaten Pemalang, Jateng, Sabtu (3/12/2022). Akibatnya, delapan desa yang ada di wilayah Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, terendam banjir rob.

Ada ribuan rumah warga yang terdampak banjir rob tersebut. Bahkan, genangan air akibat banjir rob ini, mencapai setinggi 70 cm, hingga merendam rumah-rumah warga yang ada di wilayah ujung timur Kabupaten Pemalang.

Delapan desa di Kabupaten Pemalang, yang terendam banjir rob tersebut, antara lain di Desa Bendung, Desa Kaliprau, Desa Pesantren, Desa Tasikrejo, Desa Ketapang, Desa Mojo, Desa Kertosari, dan Desa Limbangan.

Camat Ulujami, Joko Sutrisno mengatakan, penyebab banjir di samping curah hujan yang tinggi, juga air laut pasang. Pasang air laut ini terjadi pukul 01.00 WIB. "Penyebabnya curah hujan yang tinggi, juga air laut pasang, dari pukul 01.00-06.00 WIB," kata Joko.

Setidaknya ada 1.936 rumah, dengan 4.996 jiwa yang ada di delapan desa di Kecamatan Ulujami, terkena dampak banjir rob. Tidak hanya rumah warga yang terdampak, akan tetapi sejumlah fasilitas umum, dan puluhan hektare kebun tak luput dari terjangan air pasang banjir rob. " Banjir rob telah berangsur surut," ungkap Joko Sutrisno.

(eyt)

Topik Menarik