4 Tempat Wisata di Labuan Bajo untuk Backpacker, Lihat Komodo hingga Jelajahi Pantai Pink

4 Tempat Wisata di Labuan Bajo untuk Backpacker, Lihat Komodo hingga Jelajahi Pantai Pink

Travel | BuddyKu | Sabtu, 3 Desember 2022 - 19:32
share

JAKARTA, iNews.id - Tempat wisata di Labuan Bajo untuk Backpacker memiliki banyak variasi. Anda bisa menjelajahi pantai, pulau, hingga taman nasional.

Labuan Bajo merupakan salah satu kota yang berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Ada banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi saat berkunjung ke Labuan Bajo.

Ya, Labuan bajo dikenal sebagai destinasi yang memiliki keindahan alam eksotis. Wisatawan yang singgah ke Labuan Bajo, dijamin akan betah untuk berlama-lama.

Ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi di Labuan Bajo, seperti pantai, bukit, hingga gua yang indah. Labuan bajo memang identik dengan tempat wisata yang cukup mahal.

Namun, jangan salah, para backpacker juga bisa menjelajahi Labuan Bajo dengan seru dan menyenangkan. Penasaran tempat wisata di Labuan Bajo untuk Backpacker yang bisa dikunjungi? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (3/12/2022).

1. Pulau Komodo

Tempat wisata di Labuan Bajo untuk Backpacker yang pertama adalah Pulau Komodo. Jika ingin melihat hewan langka secara langsung, datanglah ke Pulau Komodo. Ada sekitar 2.000 lebih komodo yang menghuni pulau ini. Salah satu daya tarik warga dunia yang mencuri perhatian traveler dan ilmuan ini tentunya adalah Taman Nasional Komodo dengan penampakan hewan purba, yaitu kadal raksasa yang masuk sebagai tujuh keajaiban dunia.

Fasilitas dan objek wisata yang bisa dilakukan adalah waterhole, ranger berpengalaman, dan Gunung Ara. Bagi para backpacker yang baru pertama kali mengunjungi pulau istimewa ini tidak perlu bingung karena Pulau Komodo sudah mudah dicapai.

2. Pink Beach

Tempat wisata di Labuan Bajo untuk Backpacker selanjutnya ada pink beach. Keindahan Pink Beach atau pantai pink tidak perlu diragukan lagi. Anda bisa berenang, snorkeling atau berjemur. Suasana di sana benar-benar memuaskan. Pink Beach menawarkan pemandangan pantai yang eksotis. Apalagi pemandangan gugusan pulau-pulau kecilnya akan membuat siapa saja betah berlama-lama di sini. Pink Beach terletak di sebelah Barat Flores dan merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo. Pantai ini sangat terkenal di Indonesia dan juga mancanegara karena memiliki pasir berwarna merah muda.

3. Pulau Padar

Kurang lengkap rasanya tanpa mengunjungi PulaunPadar. Sepotong surga di bumi ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Pulau Padar diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, karena berada dalam wilayah Taman Nasional Komodo. Di sekitar pulau ini terdapat pula tiga atau empat pulau kecil yang memiliki keunikan panorama. Di Pulau Padar juga terdapat hamparan Pink Beach yang cocok digunakan untuk sekadar berenang, bermain air ataupun snorkeling. Pengunjung juga dapat menaiki bukit yang berada di Pulau Padar untuk menikmati keindahan panorama dari atas. Namun, trekking menuju bukit tertinggi ini akan terasa sangat melelahkan.

4. Pulau Kelor

Tempat wisata di Labuan Bajo untuk Backpacker selanjutnya ada Pulau Kelor. Pulau Kelor juga salah satu pulau kecil berpasir putih. Dilengkapi tanaman hijau di tengahnya. Ada pula deretan pegunungan yang menawan. Rasanya tidak lengkap kalau berlibur ke Labuan Bajo tidak singgah ke Pulau Kelor. Pulau Kelor memiliki perbedaan dengan Kepulauan Seribu. Kalau di Pulau Seribu lebih menyimpan cerita sejarah peninggalan zaman dulu. Sedangkan Pulau Kelor Labuan Bajo ini menyuguhkan keindahan eksotis khas Indonesia Timur.

Adapun topografi Pulau Kelor yang berbukit-bukit ini menarik untuk didaki. Bukit menjulang dan tanjakan terjal akan menjadi tantangan untuk sampai ke puncak Pulau Kelor. Pendakian memakan waktu sekitar 30 menit tanpa bantuan tangga seperti di Pulau Padar. Meski jalur trekking memiliki kemiringan 45 derajat, keindahan pemandangan di sini akan membuat para backpacker sulit move on.

Itulah empat rekomendasi tempat wisata di Labuan Bajo untuk backpacker yang wajib dikunjungi.

Topik Menarik