Getaran Gempa Garut Terasa hingga Cianjur, Bangunan Retak dan Kaca Pecah

Getaran Gempa Garut Terasa hingga Cianjur, Bangunan Retak dan Kaca Pecah

Travel | BuddyKu | Sabtu, 3 Desember 2022 - 19:17
share

CIANJUR, iNews.id - Getaran gempa Garut, Jawa Barat berkekuatan magnitudo 6.4 dirasakan cukup kencang di wilayah selatan Cianjur, Sabtu (3/12/2022). Getaran tersebut menyebabkan sejumlah rumah rusak.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Rudi Wibowo mengatakan, sejumlah bangunan rusak mulai dari rumah warga, sekolah dan kantor desa di Kecamatan Cidaun rusak.

Kami sudah mengirim petugas ke lokasi, namun laporan dari Relawan Tangguh Bencana, dampak gempa Garut, membuat bangunan rumah, sekolah dan kantor desa mengalami kerusakan, sebagian besar mengalami retak dan kaca pecah, ujar Rudi saat dikonfirmasi.

Dia menuturkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, kata dia hingga Sabtu petang warga masih bertahan di luar rumah karena takut gempa susulan kembali terjadi.

Menurutnya, pendataan masih dilakukan mengenai dampak getaran gempa. Karena gempa yang terjadi Sabtu petang itu, dirasakan cukup keras oleh warga Cianjur. Kami berharap tidak sampai separah di Cianjur kota dan Cugenang, tuturnya.

Selain itu dia juga mengimbau agar warga yang tinggal di pesisir pantai selatan berbatasan langsung dengan Kabupaten Garut seperti Cidaun dan Sindangbarang untuk tetap waspada.

Warga diimbau segera mengungsi atau keluar rumah ketika gempa kembali mengguncang guna menghindari tertimpa bangunan. Kami masih menyiagakan lebih dari 500 orang relawan di wilayah selatan untuk terus melakukan pemantauan dan pengawasan serta segera melapor jika melihat tanda akan terjadinya bencana termasuk gempa bumi, ucapnya.

Topik Menarik