Kisah Kapal Hantu SS Ourang Medan yang Misterius di Perairan Selat Malaka

Kisah Kapal Hantu SS Ourang Medan yang Misterius di Perairan Selat Malaka

Travel | BuddyKu | Sabtu, 3 Desember 2022 - 15:57
share

JAKARTA, iNews.id - Kisah kapal hantu SS Ourang Medan pernah viral pada masanya. Hingga kini ada misteri yang belum terpecahkan. Banyak peneliti yang tidak tahu kejadian sebenarnya di kapal itu.

Berdasarkan kisah, kapal kargo milik Belanda ini ditemukan di Selat Malaka. Kapal ini mengirim pesan darurat yang aneh. Setelah ditemukan, ternyata semua kru awal kapal telah meninggal dunia.

Anehnya, kru awak kapal yang ditemukan sudah meninggal disertai wajah ketakutan, matanya terbuka, tangan dalam posisi mencengkeram, seolah menghadapi sesuatu di hadapannya. Hal itu sungguh mengerikan.

Penasaran ingin tahu seperti apa kisah kapal hantu SS Ourang Medan yang masih misterius? Berikut ulasannya dirangkum dari Instagram @ diosetta.69 , Sabtu (3/12/2022).

1. Apa itu kapal SS Ourang Medan

Kapal SS Ourang Medan merupakan kapal kargo milik Belanda. Namun, kapal tersebut tidak diketahui berisi bahan baku apa. Yang jelas menurut cerita, kapal tersebut tengah berlayar dan karam di perairan Selat Malaka. Muncul keraguan terhadap kebenaran cerita ini, apakah kapal ini pernah ada, dan hanya berupa legenda

2. Ditemukan oleh kapal Amerika

Pada Juni 1947, saat kapal milik Amerika bernama City of Baltimore dan Silver Star sedang patroli, mereka menerima pesan darurat dari kapal dagang milik Belanda, yakni SS Ourang Medan. Kapal tersebut pun langsung memutar haluan dan mendekati sumber sinyal. Namun, saat kapal Amerika itu sampai di lokasi, mereka mendapati kapal yang mengapung-apung serta dipenuhi dengan mayat yang sudah tergeletak di sana.

3. Mayat meninggal dengan kondisi yang sama

Namun yang aneh, kondisi para mayat yang ada di dalam kapal SS Ourang Medan ini memiliki postur kematian yang sama. Mereka dalam kondisi ketakutan dengan tangan menjulur ke depan, mata terbelalak, serta dikatakan juga mayat-mayatnya dalam kondisi yang membusuk. Diduga mayat-mayat itu sudah meninggal beberapa hari yang lalu sebelum mereka ditemukan oleh kapal Amerika ini. Saat dilakukan pengecekan terhadap mayat-mayat yang ada di kapal itu, sama sekali tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan maupun bercak darah di kapal.

4. Kapal terbakar

Akhirnya kapal Amerika itu memutuskan untuk menarik kapal SS Ourang Medan ini menuju ke pelabuhan terdekat. Saat kapal ini hendak ditarik, tiba-tiba keluar kepulan asap dari bagian perut kapal hingga akhirnya terjadi ledakan yang cukup besar. Akibatnya kapal itu tenggelam dan semua bukti di kapal itu pun lenyap.

5. Teori penyebab kematian seluruh awak kapal

Hingga saat ini, kematian para awak kapal SS Ourang Medan masih menjadi misteri. Ada beberapa teori yang diduga menjadi kematian awak kru kapal tersebut. Pertama, diduga karena kapal kargo itu berbahaya yang kemungkinan terlibat dalam operasi penyelundupan bahan kimia seperti potasium sianida dan nitrogliserin. Dugaan kedua, para awak kapal mengalami keracunan karbon monoksida yang dikeluarkan sehingga seluruh kru tewas dengan api yang pelan-pelan menjalar, menyebabkan kehancuran kapal SS Ourang Medan.

Terakhir, ada teori mengenai fenomena paranormal. Kisah ini muncul di berbagai majalah dan buku di Forteana, dimulai pada artikel di Fate Magazine tahun 1953. Penulis seperti Jessup memperkirakan, kapal tersebut diserang oleh BETA (Benda Terbang Aneh) atau kekuatan paranormal. Bukti yang dimasukan oleh sumber tersebut adalah ketiadaan penyebab alami kematian, ekspresi ketakutan pada wajah mayat, dan rumah bawah mayat tersebut menunjuk musuh yang tidak diketahui.

Topik Menarik