Taman Nasional Tertua di Indonesia, Surganya Flora dan Fauna Ada yang Mirip Afrika

Taman Nasional Tertua di Indonesia, Surganya Flora dan Fauna Ada yang Mirip Afrika

Travel | BuddyKu | Sabtu, 3 Desember 2022 - 15:17
share

JAKARTA, iNews.id - Taman Nasional merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi pencinta alam. Berada di taman nasional, wisatawan dapat menikmati berbagai ekosistem asli, mulai dari flora dan fauna.

Biasanya, taman nasional dikelola dengan sistem zonasi, dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Dari banyaknya taman nasional di Indonesia, ada juga yang sudah berusia tua. Taman nasional ini dijadikan sebagai wilayah konservasi keanekaragaman hayati demi melestarikan alam.

Beberapa taman nasional ini juga dijadikan sebagai tempat wisata beberapa orang yang mencintai alam. Di sana wisatawan bisa eksplor keindahan alam hingga hewan-hewan langka yang ada di tempat itu.

Lantas, apa saja taman nasional tertua di Indonesia yang bisa dikunjungi? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (3/12/2022).

1. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser terletak di Provinsi Sumatera Utara dan Aceh. Di tempat ini memiliki banyak koleksi flora dan fauna langka. Secara keseluruhan luas total dari Taman Nasional Gunung Leuser ini mencapai 1.094.692 hektare. Di dalam taman nasional ini terdapat hutan hujan tropis yang dikelola secara sistem zonasi untuk ilmu pengetahuan, penelitian, pelestarian, rekreasi, dan pendidikan.

Taman nasional ini memiliki 380 spesies burung. Di sana juga terdapat habitat mamalia, ikan, reptil, burung, dan amfibi yang tinggal di tempat itu. Ada pula Siamang, gajah Sumatra, harimau Sumatera, Owa, Kedih, Badak Sumatra, Orang Utan, Rangkong, Kambing Hutan dan masih banyak lagi. Sebagian dari satwa ini termasuk dalam hewan yang dilindungi. Saking indahnya, aktor Hollywood terkenal, Leonardo DiCaprio pernah berkunjung kawasan Taman Nasional Gunung Leuser pada 2016 lalu lho

2. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Bagi pencinta alam, pasti tidak asing dengan kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Taman nasional ini berada di antara tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Kawasan ini biasa dijadikan sebagai lokasi untuk mendaki gunung. Taman nasional ini memiliki ketinggian hingga 2.958 mdpl.

Selain menikmati pendakian di kawasan ini, para wisatawan juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah. Terdapat Telaga Biru, Curug Cibeureum di ketinggian 1.620 mdpl, ada pula sumber air panas yang bisa wisatawan gunakan untuk mandi di ketinggian 1.271 mdpl. Tak hanya itu, spot foto wajib saat mendaki adalah Surya Kencana yang terdapat hamparan bunga edelweiss yang sangat indah. Dan juga Lembah Mandalawangi yang juga dikenal sebagai spot melihat keindahan bunga edelweiss

3. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran dibangun 1980 dan mendapat julukan Africa van Java, sebab taman nasional ini mirip dengan Afrika. Berada di antara Banyuwangi dan Situbondo, taman nasional ini memiliki luas 25.000 hektare. Pada taman nasional ini memiliki 444 jenis tumbuhan asli yang khas, 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung. Di dalam taman nasional ini wisatawan bisa mengunjungi Gua Jepang, Kawasan Hutan Evergreen, Padang Savana Bekol, dan Pantai Bama. Selain itu, juga bisa mengunjungi kawasan Mancing dan Air Kacip merupakan habitat macan tutul

4. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo memang terkenal di seluruh dunia. Banyak wisatawan asing yang mengunjungi taman nasional yang berlokasi di Nusa Tenggara Timur ini. Taman nasional ini mencakup tiga pulau besar, yaitu Komodo, Padar dan Rinca. Masing-masing pulau memiliki keindahan alam yang sangat indah. Di Pulau Komodo dan Rinca, wisatawan bisa trekking dan melihat komodo. Hewan langka yang dilindungi ini memiliki ukuran sekitar 2-3 m dan berat sekitar 165 kg yang terkenal itu.

Selain itu, bisa juga snorkeling dan diving di area pantai. Banyak biota laut yang sangat beragam. Kalau beruntung wisatawan bisa melihat manta, sejenis ikan pari. Wisatawan juga bisa trekking ke Pulau Padar hingga melihat indahnya sunrise dan pemandangan alam yang sangat indah. Disarankan datang ke pulau ini saat pagi hari. Perjalanan bisa dilanjutkan dengan bermain di pantai pink beach yang begitu menawan

5. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon terletak di wilayah Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Indonesia. Di tempat ini, wisatawan bisa melihat berbagai macam satwa, mulai dari banteng, babi hutan, rusa, badak Jawa, dan berbagai macam jenis burung. Kalau ingin melihat wisata sejarah, bisa datang ke Gua Sanghiang Sirah. Tempat ini sering digunakan untuk tujuan ziarah. Bagi yang ingin bermain di pantai, ada banyak pantai pasir putih dengan air biru dan jernih yang sangat indah.

Topik Menarik