RSPAU dr Suhardi Hardjolukito Selenggarakan Kejurnas Jujitsu Pertama di Yogyakarta

RSPAU dr Suhardi Hardjolukito Selenggarakan Kejurnas Jujitsu Pertama di Yogyakarta

Travel | BuddyKu | Sabtu, 3 Desember 2022 - 14:17
share

YOGYAKARTA - RSPAU dr Suhardi Hardjolukito menyelenggarakan Kejurnas Jujitsu. Tepatnya ini untuk pertama kali diselenggarakan di Yogyakarta.

Jujitsu merupakan salah satu seni bela diri yang tertua di Jepang, dan sudah ada sejak tahun 880-1868 M, dan tahun 1949 masuk ke Indonesia serta resmi dijadikan beladiri di POLRI dan berbagai satuan militer.

Saat ini cabang olahraga Jujitsu telah dipertandingkan pada event-event besar seperti PORDA, PON hingga Olimpiade, serta pembinaannya perlu dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan.

Sejalan dengan hal tersebut sebagai wujud dalam mendukung kemajuan olahraga Indonesia khususnya cabang olahraga jujitsu maka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito bekerjasama dengan Pengurus Besar Ju-Jitsu Indonesia (PBJI) nasional menyelenggarakan Kejuaraan Nasional Jujitsu Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Cup Tahun 2022 pada hari Sabtu (03/12/22).

Pembukaan Kejurnas yang dilaksanakan di Sport Center RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito ini dihadiri oleh Gubernur DIY yang diwakili oleh kepala Disdikpora DIY Didik Wardoyo, SE., M.Pd, ketua KONI pusat yang diwakili oleh Wakabid Litbang KONI pusat Twisyono, Gubernur AAU yang diwakili oleh Kadep Jasmil AAU Kolonel Pas Supomo, Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., Ketua Umum PBJI Pusat yang diwakilkan oleh Sekjen PBJI Dr.Dedy Triharjanto, SE, MM, pengurus PBJI Pusat, Danrem 072/PMK yang diwakili oleh Kajas, Danlanud Adisutjipto yang diwakilkan oleh Kabinjas Lanud Adisutjipto Letkol Kes Tejo Pramono S.Pd.

RSPAU dr Suhardi Hardjolukito menyelenggarakan Kejurnas Jujitsu.  (FOTO: Istimewa)

Lalu General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta yang diwakili oleh Manajer Operasional Celly Lewerissa, Kabag Tata Usaha KONI Pusat Hariyanto, pimpinan Perguruan/Club Jujitsu, para pengurus PBJI provinsi, dan para pejabat RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito. Pembukaan kejurnas ditandai dengan pemukulan gong oleh Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito.

Adapun susunan acara pada kaegiatan tersebut adalah laporan perwira yang ditunjuk, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Patriot dan Mars PBJI, kemudian laporan ketua panitia, dilanjutkan sambutan ketua umum PBJI, sambutan ketua umum KONI pusat, dan sambutan Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito.

Kemudiaan dilanjutkan pernyataan pembukaan, pembacaan janji wasit dan atlet, dan diakhiri dengan pembacaan doa. Pada kesempatan ini pula di tampilkan hand hygiene dance RSPAU.

Dalam sambutannya, Ka RSPAU dr Suhardi hardjolukito Marsma TNI dr Mukti Arja Berlian Sp.PD.,Sp.KP., MM, menyampaikan bahwa Kejuaraan nasional Jujitsu merupakan kali pertama dilaksanakan di D.I Yogyakarta dan hal ini menjadi salah satu kontribusi nyata RSPAU terhadap kemajuan olahraga Jujitsu.

Melalui kejuaraan ini semoga bisa menjadi sarana pembinaan atlet dan ajang peningkatan prestasi yang lebih baik serta dapat menumbuhkan minat dan bakat para atlet Jujitsu. Sekaligus juga untuk mengasah atau me-refresh kembali kemampuan agar dapat lebih berprestasi di masa yang akan datang, tambah Marsma TNI dr Mukti Arja Berlian Sp.PD.,Sp.KP.,MM.

Di samping itu, pada sambutan Ketua umum KONI pusat yang dibacakan oleh Wakabid Litbang KONI pusat Twisyono menyampaikan bahwa beliau mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito atas dukungan terhadap kejurnas jujitsu tahun 2022.

Selain itu Sekjen PBJI Dr. Dedy Triharjanto, SE., MM., menyampaikan kejuaraan nasional ini akan berkesinambungan dengan proyeksi PBJI tahun 2023 yaitu mengikuti sea games di Kamboja di bulan Mei mendatang.

Oleh karena itu para atlet yang menjadi juara pada kejurnas kali ini akan terpilih untuk melaksanakan tes fisik di Jakarta dan berkesempatan mengikuti SEA Games.

Jujitsu (FOTO: Istimewa)

Ketua panitia Kolonel Kes Ahmad Lutfiran, S,Pd mengatakan kejuaraan nasional Jujitsu dilaksanakan selama 2 hari yakni tanggal 3-4 Desember 2022 dan diikuti oleh 180 atlet yang berasal dari 20 PBJI provinsi di seluruh Indonesia, serta mendatangkan 12 orang wasit nasional yang telah tersertifikasi Komite Wasit Nasional PBJI.

Para pemenang nantinya akan mendapatkan hadiah berupa medali, piagam penghargaan dan tropi serta uang pembinaan untuk juara umum. Kejuaraan Jujitsu ini ada 2 macam yaitu Newaza dan Fighting, sedangkan nomor yang dipertandingkan ada 16 kategori (putra dan putri) dengan sistem pertandingan gugur.

Sistem newaza adalah sebuah pertandingan yang berfokus pada perkelahian bawah (ground fighting) dimana atlet mengandalkan teknik kuncian dan submission yang ia kuasai. Sedangkan fighting sistem adalah pertandingan yang lebih mengandalkan pukulan, tendangan dan bantingan.

Semoga dengan terselenggaranya kejuaraan nasional Jujitsu Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Cup ini dapat membangun kejasama antara RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito dengan PBJI Pusat khususnya PBJI DIY dan club-club PBJI seluruh Indonesia serta menjalin tali silaturahim dengan masyarakat atlet Jujitsu seluruh Indonesia dan yang tidak kalah pentingnya adalah untuk meningkatkan prestasi atlet dalam rangka persiapan kejuaraan dunia.

Topik Menarik