Viral Video Ikan-Ikan Kecil Terdampar di Tepi Pantai, Ini Kata BMKG

Viral Video Ikan-Ikan Kecil Terdampar di Tepi Pantai, Ini Kata BMKG

Travel | BuddyKu | Rabu, 30 November 2022 - 14:49
share

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Melalui berbagai media sosial, masyarakat telah dihebohkan dengan munculnya gerombolan ikan kecil yang terdampar seperti di pesisir Pantai Onrust, Kepulauan Seribu, dan Pantai Mutiara, Jakarta Utara.

Banyak warga membagikan video fenomena alam tersebut. Bahkan, beberapa warga di antaranya, mengambil ikan-ikan yang muncul ke permukaan untuk dibawa pulang menggunakan ember.

Menanggapi hal tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa fenomena terdamparnya banyak ikan kecil di pesisir Pantai Mutiara, Jakarta Utara, merupakan akibat dari dorongan angin laut dan bukan tanda terjadinya gempa.

Banyak faktor, di antaranya faktor kesuburan perairan, angin, dan arus laut. Tidak ada hubungannya dengan akan terjadinya gempa ya, kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo saat dikonfirmasi Antara melalui telepon di Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Eko menyatakan, secara tak kasat mata, angin laut telah mendorong ikan-ikan kecil tersebut mengikuti arus hingga terdampar di pesisir pantai.

Untuk itu, masyarakat diimbau agar tidak panik, karena fenomena itu dapat terjadi pula pada ikan-ikan yang lebih besar, seperti paus ataupun lumba-lumba.

Sebab, menurutnya, terdapat kemungkinan bahwa dorongan angin yang membawa ikan-ikan kecil menarik perhatian ikan yang lebih besar untuk mencari makanan sesuai dengan rantai makanannya.

Otomatis ikan kecil tadi juga diikuti ikan-ikan besar sebagai rantai makanannya, katanya.

Selain dorongan angin, Eko menyebutkan, terdapat kemungkinan juga kalau berbagai unsur hara lainnya yang dibutuhkan ikan-ikan kecil itu, mengikuti arus angin sehingga mendorong ikan mendekat ke garis pantai.

Kemungkinan lainnya, yakni karena adanya kandungan klorofil-a yang menjadi salah satu faktor kesuburan di laut.

Eko menambahkan bahwa terdamparnya ikan-ikan kecil tersebut, bisa dikatakan sebagai wujud fenomena langka akibat ketidaknormalan oseanografi yang menjadi sebuah anugerah bagi para warga, karena dapat memanen ikan tanpa menggunakan jala di laut.

Meskipun demikian, Eko menyatakan, fenomena laut itu masih dugaan sementara BMKG. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk bisa memastikan alasan ikan-ikan kecil tersebut terdampar hingga ke pesisir pantai.

Sisanya dugaan sementara ini ya, tapi perlu penelitian lebih lanjut, katanya