Baku Nada 2023, Jalan Menuju Prambanan Jazz Festival

Baku Nada 2023, Jalan Menuju Prambanan Jazz Festival

Travel | BuddyKu | Selasa, 29 November 2022 - 20:27
share

RADAR JOGJA iKonser Channel bersama Rajawali Indonesia bekerja sama dengan Telkom Regional 7 (TREG7) dan Metranet mengadakan ajang pencarian musisi berbakat bertajuk Baku Nada 2023. Wilayah seleksinya Indonesia Timur. Meliputi Makassar, Maluku, Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan dan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara serta Gorontalo.

CEO iKonser Ahmad Sobirin menuturkan Baku Nada telah memasuki penyelenggaran kelima. Tetap konsisten berjalan karena mendapat respon positif dari musisi-musisi muda Indonesia. Selain menjadi wadah juga ajang unjuk karya.

Jadi melihat antusiasme itu dan potensi musisi-musisi lokal, saya berharap Baku Nada ini akan berjalan menarik seperti aktivasi-aktivasi sebelumnya. Terutama para musisi dari Maluku, Papua dan Sulawesi mampu unjuk karya ke publik, jelasnya, Selasa (29/11).

Baku Nada menerima semua genre musik. Mulai dari Rock, Jazz hingga Pop. Salah satu syarat mengikuti aktivasi ini memiliki karya musiknya sendiri. Grup musik terbaik dari yang terbaik berpeluang tampil di Prambanan Jazz Festival.

Baku Nada berlangsung dari November 2022 hingga Februari 2023. Untuk saat ini sudah banyak musisi yang mendaftarkan karyanya. Karya terbaik akan mengantarkan musisi pada grand final pada Februari 2023.

Dapat mengirimkan dua karya orisinal dalam bentuk video klip atau live session berdurasi maksimal delapan menit. Sepuluh musisi dengan viewers terbanyak dari tayangan program tersebut akan maju ke babak Grand Final di Jakarta, katanya.

Kesepuluh finalist terbaik akan mengikuti proses taping video. Untuk kemudian dinilai oleh para juri. Kesepuluh karya finalis secara otomatis akan dikompilasikan dalam satu playlist iKonser Apps dan juga album fisik.

Pendaftaran dibuka 29 November hingga 25 Desember 2022. Syarat pendaftaran wajib melampirkan identitas KTP berdomisili Makassar, Maluku, Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan dan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara dan Gorontalo.

Pada babak Grand Final, 10 Finalis akan dinilai langsung oleh juri untuk memilih 2 finalis pilihan juri yang akan tampil di Prambanan Jazz Festival 2023 dan 1 finalis dengan viewers terbanyak pada tayangan Tagar Musik untuk tampil di iKonseria 2023 mendatang ujarnya.

iKonseria merupakan salah satu program iKonser Channel. Setiap bulannya menghadirkan bintang tamu musisi Nasional. Cikal bakal awal adalah An Intimate Concert pada 2020.

Program ini dikemas secara intim dan segala aktivitas musisi di atas panggung tergambar dengan apik, tentunya program ini menjadi tayangan yang segar dan intim untuk penonton virtual katanya (Obi/om 37/dwi)

Topik Menarik