10 Kelebihan Pesawat Airbus yang Dipakai Lion Air, Terbang Langsung Umroh ke Madinah

10 Kelebihan Pesawat Airbus yang Dipakai Lion Air, Terbang Langsung Umroh ke Madinah

Travel | BuddyKu | Selasa, 29 November 2022 - 20:25
share

Pesawat Airbus jenis terbaru digunakan maskapai Lion Air member of Lion Air Group untuk pelayanan umroh penerbangan langsung dari Bandara Kertajati ke Madinah, Arab Saudi.

Armada baru ini merupakan pesawat jenis Airbus masing-masingAirbus 330-300CEO danAirbus 330-900NEO.

Danang Mandala Prihantoro Corporate Communications Strategic of Lion Air Group berharap melalui pesawat Airbus jenis baru yang dioperasionalkan agar para jemaah umroh bisa menjalankan ibadahnya dengan lancar.

"Terima kasih atas dukungan serta koordinasi dari regulator, pengelola BIJB KertajatiPT Angkasa Pura II, pengelola bandar udara di Arab Saudi, pengatur lalu lintas udaraAirNav Indonesia, mitra perjalanan (tour and travel) pihak terkait dalam mempersiapkan dan mendukung kelancaran jamaah umroh ketika melakukan penerbangan," katanya.

Menurut Danang armada yang dioperasikan oleh Lion Air merupakan generasi modern jenis pesawat berbadan lebar (wide body) yang dikirimkan langsung dari pabrikan pesawat.

Pengoperasian pesawat seri NEO, Lion Air sebagai maskapai pertama di Asia Pasifik mengoperasikan Airbus 330-900NEO sejak Juni 2019.

Hingga kini, dalam mendukung operasional di seluruh jaringan rute jarak jauh, Lion Air mengoperasikan 6 (enam) Airbus 330-300CEO dan 8 (delapan) Airbus 330-900NEO.

Danang mengatakan bahwa pesawat ini mampu beroperasi di BIJB Kertajati yang memiliki infrastruktur dan kawasan bandar udara dengan panjang landas pacu (runway) 3.000 meter x 60 meter.

Kelebihan Airbus 330-300CEO dan Airbus 330-900NEO yang digunakan Lion Air untuk pelayanan umroh.

1. Konfigurasi atau bertata letak kursi lorong ganda (double aisle). Airbus 330-300CEO terdiri dari 18 kelas bisnis dan 374 kelas ekonomi. Sementara itu Airbus 330-900NEO didesain dengan 440 kursi kelas ekonomi.

2. Kursi lebih ergonomis. lebih nyaman, jarak antarkursi lebih lega, tersedia sandaran lengan yang lebar.

3. Pesawat dilengkapi fitur utama yang menawarkan pengalaman terbang bagi setiap penumpang (jamaah umroh) dari kabin airspace - menyediakan suasana penerbangan santai dan menyenangkan, sehingga serta menghadirkan kenyamanan kabin paling senyap di kelasnya.

Airbus jenis ini memiliki kursi yang lebih nyaman dan lega. (aircraft.airbus.com)
Airbus jenis ini memiliki kursi yang lebih nyaman dan lega. (aircraft.airbus.com)

4. Desain baru kompartemen bagasi kabin (overhead bin) yang memungkinkan lebih mudah mengatur dan menyimpan banyak barang bawaan.

5. Airbus 330-300CEO mempunyai fitur utama dari hiburan selama perjalanan (inflight entertainment) berupa audio video di setiap kursi.

6. Pemilihan dan pengoperasian Airbus 330-900NEO menjadi bagian dari langkah strategis Lion Air guna mendukung tren perjalanan udara jarak jauh (long haul) berkesan sejalan menjawab dinamika kebutuhan permintaan pasar angkutan udara.

7. Seluruh armada dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat. HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di dalam kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis virus, kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga lebih segar. Untuk udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat.

Airbus A330-900 NEO merupakan rmada generasi modern jenis pesawat berbadan lebar. (aircraft.airbus.com)
Airbus A330-900 NEO merupakan rmada generasi modern jenis pesawat berbadan lebar. (aircraft.airbus.com)

8. Menggunakan mesin generasi terbaru membuat pesawat jenis inilebih senyap (tidak bising) hingga mampu terbang jarak jauh dengan durasi waktu lebih dari 15 jam dengan25% lebih efisien rasio penggunaan bahan bakar..

9. Pesawat ini memiliki keunggulan di kelasnya dengan desain yang aerodinamis, karena menggunakan bahan komposit terbaru dalam upaya meningkatkan kinerja operasional.

Jenis pesawat ini jugatelah dibekali perangkat modern serta tingkat keandalan antara lain menurunkan biaya operasi didukung teknologi generasi baru A350 XWB terlihat dari lekukan ujung sayap (sharklets) rentang hingga 64 meter.

10. Dengan kursi yang lebih luas,pesawat jenis ini menyediakan perangkat dan sistem baru denganteknologi kokpit wifiTablet EFB layar head-up ganda dalam mengutamakan tingkat keselamatan dan keamanan penerbangan serta common type rating (lisensi pilot yang sama).

Artikel Menarik Lainnya

Topik Menarik