Loading...
Loading…
Kampanyekan Kanker Kulit, Ribuan Orang Telanjang di Pantai Bondi Australia

Kampanyekan Kanker Kulit, Ribuan Orang Telanjang di Pantai Bondi Australia

Powered by BuddyKu
Travel | Indozone | Selasa, 29 November 2022 - 11:20

Ada banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk bisa mendapatkan atensi atau perhatian orang lain. Salah satunya yang dilakukan ribuan orang di pantai Bondi, Sydney, Australia , Sabtu (26/11/2022) lalu.

Dikutip dari The Guardian, setidaknya ada kurang lebih 2.500 orang yang bertelanjang di pantai Bondi itu. Relawan yang hadir itu sebagai wakil bagi warga Australia yang meninggal setiap tahunnya akibat kanker kulit.

Mereka berbaris di pinggir pantai, tanpa mengenakan busana sama sekali. Selain berbaris, mereka juga berpose sesuai arahan dari fotografer asal Amerika Serikat, sekaligus penggagas ide kegiatan ini, Spencer Tunick.

Menurutnya, tujuan kegiatan ini sebagai kampanye untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya kanker kulit di Australia . Kegiatan yang bertajuk Strip Off for Skin Cancer ini, bekerja sama dengan suatu badan amal yang mengajak warga Australia untuk melakukan pemeriksaan kulit secara teratur.

"Itu membekukan, tetapi juga memberdayakan untuk bersama begitu banyak orang yang mendukung penyebabnya dan juga seperti telanjang, ucap salah satu relawan yang ikut kegiatan ini, Sarah Bowen, dikutip dari The Guardian , Selasa (29/11/2022).

Telanjang di pantai Bondi Australia sebagai kampanye kanker kulit.
Kegiatan telanjang ini bertajuk \'Strip Off for Skin Cancer\'. (Reuters/Loren Elliott)

Melihat begitu banyak orang dan bentuk serta ukuran yang berbeda. Semua orang merasa nyaman menjadi telanjang. Itu luar biasa," sambungnya.

Seperti diketahui, Tunick dikenal sebagai fotografer yang kerap memotret dengan pose telanjang. Pada tahun 2010, ia mengumpulkan 5.000 orang Australia telanjang di depan Gedung Opera Sydney, untuk merayakan Mardi Gras Gay dan Lesbian Sydney.

"Sudah sepantasnya saya menggunakan platform saya untuk mengajak masyarakat melakukan pemeriksaan rutin guna mencegah kanker kulit," kata Tunick.

Berdasarkan laporan berjudul, Kanker di Australia 2010 , yang dilakukan pemerintah Australia, mendapati bahwa bangsa pecinta sinar matahari ini telah menjadi negara dengan rasio pengidap melanoma, dan kanker kulit tertinggu di dunia.

Melanoma merupakan jenis kanker kulit yang sering ditemukan di Australia , dan disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet dari matahari.

Artikel Menarik Lainnya:

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{