Kaesang-Erina Bakal Diarak Sembilan Kereta Kuda saat Ngunduh Mantu di Solo

Kaesang-Erina Bakal Diarak Sembilan Kereta Kuda saat Ngunduh Mantu di Solo

Travel | BuddyKu | Senin, 28 November 2022 - 10:46
share

Tiga menteri terlihat mengecek persiapan acara ngunduh mantu pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina S Gudono di Kota Solo, pada Minggu, 27 November 2022.

Mereka adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Ketiganya bahkan mengikuti gladi kotor acara ngunduh mantu tersebut serta kirab kereta kuda dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaran.

"Alhamdulillah, ngunduh mantu Mas Kaesang di Loji Gandrung. Semua acara di sana, baru naik kereta kuda menuju Pura Mangkunegaran," ujar Menteri BUMN, Erick Thohir saat ditemui di Pura Mangkunegaran, Minggu (27/11).

erick tohir
Erick Tohir cek persiapan ngunduh mantu Kaesang. (Z Creators/Ari Welianto)

Acara ngunduh mantu akan digelar di Rumah Dinas Wali Kota Loji Gandrung, sedangkan di Pura Mangkunegaran Surakarta, akan dilakukan acara tasyakuran. Meski acara digelar di Pura Mangkunegaran, tidak akan mengubah adat istiadat yang telah ada di sini.

"Adat istiadat tentu kita hormati, jadi di sini lebih buat tasyakuran. Jadi tidak merubah adat istiadat yang sudah kita pahami dan hormati," lanjutnya.

ngunduh mantu kaesang
Tiga menteri cek persiapan acara ngunduh mantu Kaesang. (Z Creators/Ari Welianto)

Nantinya, akan ada sekitar 9-10 kereta kuda saat kirab dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran dengan melintasi Jalan Slamet Riyadi. Kereta kuda tersebut akan dinaiki kedua mempelai serta keluarga. Mereka pun akan menyapa masyarakat yang sedang beraktivitas.

"Ya, rencana ada 9-10 kereta kuda yang disiapkan. Kemudian mereka menyapa masyarakat, masyarakat pun tetap beraktivitas seperti biasa," ungkap Erick.

Dalam acara tersebut, akan disiapkan pesta rakyat di sembilan titik di sepanjang Jalan Slamet Riyadi dari Loji Gandrung sampai Pura Mangkunegaran. Pada delapan titik pesta rakyat itu, akan diisi dengan kegiatan masyarakat Solo, mulai dari seniman hingga musisi.

"Kita melibatkan masyarakat, termasuk seniman-seniman Solo. Acara setiap hari minggu kegiatan masyarakat tetap berjalan aktivitas normal tidak ada gangguan. Titik-titik pesta rakyat di mana, saya detailnya tidak ingat. Cuma nanti ada di kanan kiri jalan panggungnya," paparnya.

ngunduh mantu
Tiga menteri cek persiapan acara ngunduh mantu Kaesang. (Z Creators/Ari Welianto)

Ketika ditanya apakah akan ada artis nasional yang hadir saat pesta rakyat nanti, Erick menyebut tidak ada. Pesta rakyat akan didominasi oleh seniman-seniman Solo.

"Hiburan masyarakat, bukan artis atau musisi nasional. Teman-teman seniman di Solo, tidak gedongan terus. Musisi lokal harus diangkat, supaya terkenal dan ini hal positif," jelas Erick.

Erick menambahkan, acara di Pura Mangkunegaran ada dua sesi, yaitu pagi dan sore hari.

"Kita pastikan sesuai dengan kapasitas, akan diatur juga tamu masuk dari mana dan keluar dari mana. Makanya ada dua sesi," imbuhnya.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik!Lets join Z Creators dengan klik di sini .

Z Creators
Z Creators
Topik Menarik