Tol Kediri-Tulungagung Dibangun Melintasi Wilayah Ini, Berikut Rute Lengkapnya

Tol Kediri-Tulungagung Dibangun Melintasi Wilayah Ini, Berikut Rute Lengkapnya

Travel | BuddyKu | Sabtu, 26 November 2022 - 13:56
share

ABOUTSEMARANG Tol Kediri-Tulungagung sepanjang 44,51 kilometer yang akan dibangun saat ini tengah dalam proses tender.

Adapun nantinya, Tol Kediri-Tulungagung ini dikabarkan akan melewati dua kecamatan di Jawa Timur.

Melansir dari website resmi Pemerintah Kota Kediri, sosialisasi rencana pembangunan jalan tol Kediri-Tulungagung sendiri sudah dilakukan pada Oktober 2022 lalu. Dalam sosialisasi tersebut, diikuti 1031 warga yang terdampak pembangunan tol.

Dimana tersebar di dua kecamatan, yakni kecamatan Mojoroto dan Kecamatan Kota, pada delapan kelurahan yakni Kelurahan Semampir, Bujel Sukorame, Pojok, Mrican, Gayam, Ngampel, dan Mojoroto, jelas Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar, dikutip situs resmi Pemkot Kediri, Jumat, 25 November 2022.

Abdullah Abu Bakar menjelaskan sosialisasi ini untuk menyamakan persepsi masyarakat untuk pembangunan jalan tol yang masuk Proyek Strategis Nasional (PSN). Juga bisa memberikan pemahaman masyarakat tentang pembangunan tol ini.

Ketua Tim Pengadaan Tanah Jalan Tol Kediri Tulungagung dari Kementerian PUPR menjelaskan proses pengadaan tanah dilakukan secara empat tahap.

Diawali tahap perencanaan yang sudah kita lalui, kemudian tahap persiapan dimana salah satunya melalui sosialisasi hari ini, lalu tahap berikutnya konsultasi publik dan tahap pelaksanaan yang akan melibatkan banyak stakeholder, katanya.

Untuk diketahui tol ini merupakan proyek KPBU unsolicited yang diusulkan oleh PT Gudang Garam Tbk. Tol ini merupakan kelanjutan dari Tol Kertosono-Kediri.

Proyek ini juga merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) sesuai dengan Perpres Nomor 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gresik Bangkalan Mojokerto Surabaya Sidoarjo Lamongan, Kawasan Bromo Tengger Semeru, serta Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

Rencananya pada tahun depan akan dilakukan proses Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Untuk tol Kediri Tulung Agung rencana PPJT di Q4 2023, kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, dikutip About Semarang pada Jumat, 25 November 2022.

Mengutip laporan BPJT per November 2022, progres tender tol Kediri Tulung Agung masih dalam evaluasi Dokumen Prakualifikasi Peserta. PT Gudang Garam Tbk sudah dinyatakan sebagai pemenangprakualifikasi.

Nantinya setelah proses PPJT akan dilanjutkan dengan proses pendanaan, perencanaan teknis hingga pelaksanaan konstruksi. Sehingga untuk masa konstruksi masih membutuhkan waktu yang lebih panjang.***

Topik Menarik