Kemenparekraf Dukung IdeaFest 2022 Perkuat Pertumbuhan Industri Kreatif Indonesia

Kemenparekraf Dukung IdeaFest 2022 Perkuat Pertumbuhan Industri Kreatif Indonesia

Travel | BuddyKu | Selasa, 22 November 2022 - 10:35
share

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung pelaksanaan IdeaFest 2022, festival akbar tahunan, yang bertujuan menghubungkan dan mempertemukan komunitas kreatif dengan para tokoh kreatif inspiratif dan berpengaruh sehingga diharapkan kian memacu semangat pertumbuhan industri kreatif Indonesia melalui partisipasi dan kolaborasi para pelaku industri kreatif Tanah Air.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam mengatakan, dalam IdeaFest 2022 ada sejumlah topik yang dibahas yang salah satunya adalah PP Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif terkait dengan pembiayaan berbasis hak kekayaan intelektual (HKI) atau IP Base Financing .

"Akan ada beberapa pembicara terkait dengan hal tersebut. Yang lain juga ada beberapa nanti event base program yang akan dilakukan oleh teman-teman dari IdeaFest," kata Neil dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/11/2022).

Chief Marketing Officer Samara Group Desy Bachir menjelaskan, IdeaFest 2022 hadir kembali secara luring setelah sebelumnya terdampak akibat pandemi Covid-19. Di tahun ini, dalam event yang akan berlangsung pada 24 hingga 27 November di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, itu juga akan menyuguhkan berbagai hal yang berbeda. Tahun ini IdeaFest bekerja sama dengan banyak sekali program partner.

"Biasanya kalau IdeaFest itu kami ada pilar-pilar yang kami laksanakan sendiri, tapi kali ini kami banyak yang langsung menyerahkan ke community partner, seperti komedi festival (bekerja sama) dengan Majelis Lucu Indonesia," kata Desy Bachir.

Setiap tahunnya IdeaFest juga selalu menghadirkan pembicara-pembicara global. Di tahun ini IdeaFest secara khusus akan menghadirkan Takashi Murakami, seniman kontemporer asal Jepang yang telah berkolaborasi dengan brand fashion high-end , seperti Marc Jacobs dan Louis Vuitton, dan telah memiliki berbagai karya seni yang bervariasi, seperti lukisan tradisional Jepang, manga, anime, patung, instalasi, dan film berciri khasnya sendiri atau yang dikenal sengan "Superflat".

Kehadiran Murakami diharapkan dapat memberikan ruang bagi pengunjung untuk berinteraksi dan membangun koneksi yang luas secara lokal maupun global. Menariknya, IdeaFest menyajikan proyek Clone X-X Murakami yang juga berkolaborasi dengan RTFKT sebagai MetaHuman IdeaFest 2022.

"Jadi untuk pertama kalinya, yang beda dari sebelumnya, kami hadirkan host berupa meta human , namanya drea dan droid karya Takashi Murakami. Mungkin kami adalah yang pertama menghadirkan meta human host di Indonesia," kata Desy.

IdeaFest juga menawarkan ratusan sesi Talks and Conference dengan tema beragam seperti tren NFT, kesenian, gaya hidup sustainable , kuliner, dan juga musik. Menghadirkan lebih dari 180 pembicara seperti Cinta Laura, Maudy Ayunda, Manoj Punjabi, Hamish Daud, Dipha Barus, Iyas Lawrence, Fellexandro Ruby, Afutami, dan masih banyak pembicara inspiratif lainnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi dan mendukung "IdeaFest 2022" yang kali ini memilih tema Reality Re:defined dengan mengusung semangat pertumbuhan industri kreatif Indonesia melalui partisipasi dan kolaborasi dari seluruh lapisan pelaku industri kreatif Tanah Air. Para pelaku industri diajak untuk kembali re:connected , re:introduced , re:established , re:live, dan re:create.

Harapan ke depan IdeaFest 2022 dapat menjadi wadah bagi para komunitas, merek, serta pelaku industri kreatif lainnya untuk terus mengembangkan karya-karya dan inovasi terbaik mereka.

"Saya sudah terlibat dari tahun pertama IdeaFest, dan saya ingin ke depannya IdeaFest secara strategis bekerja sama dengan Kemenparekraf. Saya ingin kita kolaborasi dengan IdeaFest," ujar Menparekraf Sandiaga.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga berpesan agar pelaksanaan protokol kesehatan dapat dijaga dalam pelaksanaan IdeaFest 2022.

"Pastikan semua proses yang diajukan mendapatkan panduan CHSE dari Kemenparekraf yang selalu kita gunakan untuk mengawal agar kegiatan kita tidak over crowd . Semua harus mengacu pada protokol yang sudah disepakati," kata Sandiaga.

Topik Menarik