Loading...
Loading…
Keindahan Raja Ampat Gak Ada Obat! Laut Tenang dan Warga nan Ramah, Benarkah Surga Dunia?

Keindahan Raja Ampat Gak Ada Obat! Laut Tenang dan Warga nan Ramah, Benarkah Surga Dunia?

Powered by BuddyKu
Travel | Indozone | Selasa, 01 November 2022 - 13:00

Pesona Raja Ampat tiada tandingan, mirip dengan Ha Long Bay di Vietnam yang sangat terkenal, tapi Kabupaten Raja Ampat menawarkan lebih.

Bahkan pada pertengahan 2022, Raja Ampat memenangkan penghargaan Blue Park Award dalam Konferensi Kelautan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Portugal . Penghargaan ini diraih bersama dengan Taman Alam Apo Reef di Filipina dan Taman Nasional Old Providence McBean Lagoon di Kolombia sebagai wilayah yang konservasi lautnya paling terjaga di dunia.

puncak bukit
Ke Puncak Bukit untuk melihat Telaga Bintang Raja Ampat dari atas (Z Creators/Reja Dalimunthe)

Kabupaten Raja Ampat adalah destinasi keren dan menggoda, sehingga bukan hanya asyik untuk dinikmati oleh mata tapi dirasakan oleh kelima pancaindera manusia. Gugus kepulauan Raja Ampat yang terletak di Provinsi Papua Barat sudah sejak lama menjadi surganya dunia berkat panorama alam dan bawah lautnya yang tiada tanding.

Tim Z Creators , Reja Dalimunthe membawa kamu menikmati berbagai pesona yang ditawarkan oleh Raja Ampat.

Jadi perjalanan saya dari Jakarta ke Sorong menggunakan pesawat memakan waktu 4 jam, saya lanjutkan ke pelabuhan Sorong dari situ bisa pilih naik kapal feri yang tersedia 2 kali sehari, harganya sekitar Rp100ribuan untuk sampe ke Ibukota Raja Ampat di Waisai. Buka Reja.

Untuk mengunjungi Raja Ampat, kamu wajib mempersiapkan rencana perjalanan dengan matang. Bukan hanya perjalanan yang memakan waktu cukup panjang untuk ke Raja Ampat di Papua Barat tapi juga dibutuhkan kemampuan finansial yang terencana.

Tapi, Reja yakin kalau semuanya akan terbayar kembali jika kamu benar-benar menginjakkan kaki di tanah surga ini.

Nah untuk tur pulau wajib cari barengan yg banyak karena untuk sewa kapal bisa jutaan bahkan puluhan juta Rupiah per orang untuk beberapa destinasi terkenal. Jelas Reja.

batu pensil raja ampat
Berfoto dengan nelayan yang tersenyum dekat dengan Batu Pensil Raja Ampat (Z Creators/Reja Dalimunthe)

Total luas wilayah Kabupaten Raja Ampat mencapai 67.379, 60 km persegi. Wilayah ini menjadi rumah bagi 65.403 penduduk, ratusan jenis karang, ribuan spesies ikan dan biota laut.

Sedikitnya ada 610 pulau di Raja Ampat dengan total 35 pulau yang berpenghuni termasuk kepulauan Raja Ampat dan empat yang terbesar adalah Pulau Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo. Ibu kota kabupatennya terletak di Waisai di Pulau Waigeo.

Alam Raja Ampat enggak pernah mengecewakan, sepanjang perjalanan tur ke pulau-pulau, kamu pasti akan melihat keragaman flora yang membuat panorama dan sinar mentari semakin sempurna.

Enggak hanya itu, sesekali kapal berjalan pelan, kamu bisa mendengar suara burung-burung asli Papua Barat.

Memang, Raja Ampat terkenal akan keanekaragaman hayatinya.

Sepanjang jalan yang saya cuma liat laut biru kehijauan yang cantik, bahkan cuma sekedar lihat ada rumah panggung anyaman di pulau-pulau kecilnya itu keliatan artistik banget. Panoramanya enggak bisa boong, ucap Tom yang juga merupakan wisatawan lokal selama perjalanan di Raja Ampat.

Untuk menikmati seutuhnya Raja Ampat, kamu harus membayar Tarif Layanan Pemeliharaan Lingkungan (TLPL) dengan biaya Rp500 ribu untuk wisatawan lokal dan Rp1 juta untuk wisatawan asing.

dive lodge raja ampat
Salah satu spot untuk bersantai di Dive Lodge Raja Ampat (Z Creators/Reja Dalimunthe)

Setelah itu kamu akan mendapatkan kartu dan pin yang berlaku selama setahun. Setelah membayar TLPL dan sewa kapal untuk tur pulau, kamu disarankan menuju ke lokasi wisata terkenal seperti Bukit Piaynemo, Pantai Pasir Timbul, Telaga Bintang, Manta Point Misool untuk menyelam, Batu Pensil, dan lain sebagainya.

Jangan lupa siapin diri seutuhnya kalau ke sini, karena tidak hanya tubuh dibikin kesenangan tapi juga pikiran yang enggak karuan melihat alam yang super cantik milik Indonesia. Sampai-sampai melihat senyum masyarakat setempat bikin enggak mau pulang ke negara saya, kata Ryan, wisatawan mancanegara yang sekapal dengan Tom.

Bertemu ikan pari mantah raksasa

Bagi yang sudah punya sertifikat menyelam, silakan menyelam di area yang diizinkan. Area menyelam yang terkenal di sini adalah Manta Point Misool, untuk melihat ikan Pari Mantah. Ikan Pari ini jenis ikan pari terbesar di dunia, sirip dari kiri ke kanan bisa mencapai 7 meter dengan berat maksimal yang pernah diukur adalah 3 ton.

warga raja ampat yang ramah
Reja bersama anak-anak di Raja Ampat yang ramah dan hangat (Z Creators/Reja Dalimunthe)

Selain itu ada juga tempat menyelam yang tak kalah indah yakni Blue Magic, Cross Wreck, Batu Lima, Tanjung Kri dan lainnya.

Bagi yang cukup berenang atau snorkeling, silakan mampir ke poin-poin pantai dengan arus tenang.

Sepanjang mata memandang, air laut di sini semuanya biru memesona, gugusan kepulauannya tumbuh tanaman hijau yang selalu cantik dimata, tak hanya itu, sesekali tampak bangunan- bangunan kecil semacam tempat berteduh terbuat dari anyaman ataupun kayu sangat membuat nuansa hati teduh.

Menyelam di sini harus mengikuti aturan dan dibatasi kuota penyelamnya demi menjaga biota laut. Bagi saya yang belum profesional dalam menyelam, berenang atau snorkeling udah puas bangetbanget pake banget terus terusan. Ucap Reja.

Warga lokal menyambut dengan ramah

Tidak hanya lautan, daratan di Raja Ampat menyajikan keistimewaan yang sama. Jika mampir ke pulau berpenghuni di Raja Ampat, kamu sebaiknya mampir juga ke permukiman warga.

Banyak usaha kecil menengah di sana, atau sekedar mampir untuk minum air kelapa sambil mengobrol dengan warga yang sangat welcome dengan kedatangan wisatawan.

Sama seperti di Bali , pengunjung yang mampir ke Raja Ampat dijamin akan disambut hangat oleh warganya.

Ramah tamah dan kebaikan warga di Raja Ampat benar-benar 1000% terjamin. Masyarakatnya enggak menutup diri dengan modernisasi, namun adat istiadat yang khas dengan kebaikan hati wilayah Timur Indonesia tetap
terjaga.

Kakak-kakak, jangan lupa mampir kembali, ajak teman-teman biar bisa foto bareng lagi, bawa banyak permen ehhh, ucap Havier salah satu anak kecil di Raja Ampat yang Reja temui dengan mata indah dan senyum yang manis.

Gimana, tertarik ke Raja Ampat?

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik!Lets join Z Creators dengan klik di sini .

Z Creators
Z Creators
Original Source

Topik Menarik

{