Aesthetic! Taman Geologi Nasional Zhangye Danxia Punya Gunung Warna-Warni Kayak Pelangi

Aesthetic! Taman Geologi Nasional Zhangye Danxia Punya Gunung Warna-Warni Kayak Pelangi

Travel | BuddyKu | Sabtu, 29 Oktober 2022 - 19:04
share

Taman Geologi Nasional Zhangye Danxia berada di kaki bukit timur Pegunungan Qilian di Provinsi Gansu, Cina. Taman geologi ini memiliki area bentang alam Danxia (\'awan merah\') yang spektakuler yang mencakup sekitar 50 kilometer persegi (19 mil persegi).

Bentang alam danxia ini keren banget, lho guys! Bisa dibilang, ini benar-benar merupakan mahakarya alam yang super cantik. Karena, di sini memiliki pemandangan gunung yang berwarna-warni seperti pelangi. Aesthetic banget!

gunung pelangi
Taman Geologi Nasional Zhangye Danxia, China. (Pexels)

Pegunungan-pegunungan di bentang Danxia Zhangye sebagian besar tingginya bisa sampai ratusan meter. Sekitar 540 juta tahun yang lalu, daerah itu pernah menjadi bagian dari lautan. Karena tabrakan lempeng tektonik, tanah terlipat dan membentuk gunung , dan terangkat di atas permukaan laut.

Batupasir merah diendapkan ketika sungai terbentuk di daerah tersebut. Ketika tanah tenggelam ke dalam baskom, batu lumpur diendapkan di batu pasir merah.

Selama periode yang berbeda, berbagai batuan sedimen terbentuk yang mengandung jumlah garam besi yang berbeda di lumpur dan batu. Inilah sebabnya mengapa lapisan memiliki warna yang berbeda.

Karena perubahan lingkungan sedimen, lapisan sedimen yang terbentuk memiliki warna merah, merah keunguan, hijau kekuningan, hijau keabu-abuan, dan abu-abu yang berbeda. Nah, yang menakjubkan di sini adalah, setiap lapisannya membutuhkan waktu ribuan tahun untuk terbentuk.

Penulis: Jihan Rienita

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik