Loading...
Loading…
Camilan Legit saat Santai, Lezatnya Rainbow Klepon dengan Taburan Kelapa

Camilan Legit saat Santai, Lezatnya Rainbow Klepon dengan Taburan Kelapa

Travel | inewsid | Kamis, 06 Agustus 2020 - 13:11

JAKARTA, iNews.id - Camilan legit dan kenyal ini merupakan jajanan pasar yang memiliki banyak penggemar. Klepon biasa ditemukan di pasar-pasar tradisional.

Klepon merupakan kue tradisional yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Makanan enak ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih.

Kue ini paling enak disantap saat Anda sedang santai sambil menyeruput teh hangat. Jika tertarik mencicipi kue klepon, Anda bisa membuat rainbow klepon. Bentuknya menarik karena berwarna-warni.

Tertarik mencicipi kue klepon? Berikut ulasan resepnya dikutip melalui Instagram @dapur_imarily, Kamis (6/8/2020).

Bahan:

250 gr tepung ketan rosebrand
50 gr tepung beras rosebrand
250 ml air
6 macam pewarna makanan
2 lembar daun pandan (simpulkan)
100 gr gula merah sisir
175 gr kelapa parut untuk taburan

Cara Membuat:

1. Kukus kelapa parut dengan 1 lembar daun pandan untuk memberi aroma wangi. Kukus selama 10 menit agar kelapa tidak mudah basi. Sisihkan.
2. Campur tepung ketan dan tepung beras, tuang air sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dipulung.
3. Bagi adonan menjadi 6 bagian sama rata untuk diberi warna berbeda. Dalam tahap pemberian warna, jika dirasa kurang bisa tercampur warnanya, bisa ditambahkan sedikit air.
4. Jika semua adonan sudah diberi warna, ambil sedikit adonan (boleh pakai sendok takar atau di kira-kira saja). Bulat-bulat adonan, lalu pipihkan, isi dengan gula merah sisir selama 1/2 sdt (bisa pakai sendok takar).
5. Jika adonan sudah terisi gula merah semua, rebus adonan di air mendidih yang sudah diberi daun pandan yang disimpulkan.
6. Rebus hingga mengapung. Jika sudah mengapung, angkat dan gulirkan ke kelapa parut yang telah dikukus tadi (taruh kelapa parut di tempat yang agak lebar agar klepon mudah digulir-gulirkan). Jika semua klepon sudah berbalut kelapa, siap dihidangkan.

Original Source

Topik Menarik

{