Loading...
Loading…
Belajar Sejarah TNI Lewat Museum Sembari Meriahkan HUT TNI

Belajar Sejarah TNI Lewat Museum Sembari Meriahkan HUT TNI

Powered by BuddyKu
Travel | BuddyKu | Rabu, 05 Oktober 2022 - 18:13

HUT TNI ke-77 diperingati setiap tanggal 5 Oktober, memperingati hari lahirnya TKR (Tentara Keamanan Rakyat) cikal bakal TNI. Berangkat dari perjuangan bangsa melawan dan mempertahankan kemerdekaan dari berbagai ancaman, termasuk ancaman dari dalam negeri. Sejarah TNI sebenarnya berangkat dari Badan Keamanan Rakyat namun berganti menjadi TKR pada masa kolonial Belanda. Seiring dengan perjalanan bangsa, TKR disesuaikan dengan susunan militer Internasional sehingga pada saat itu nama TKR berganti menjadi TRI (Tentara Republik Indonesia), baru pada 3 Juni 1947 Presiden mengesahkan TNI secara resmi sebagai bentuk penyatuan dan penyempurnaan tentara Indonesia.

Momen HUT TNI ke-77 seringkali dirayakan secara meriah, seperti atraksi para anggota TNI hingga konvoi kendaraan tempur. Namun selain melihat langsung acara tersebut, kamu juga bisa turut meramaikan perayaan HUT TNI ke-77 dengan mengunjungi museum sejarah TNI berikut ini, selain berwisata kamu juga bisa belajar banyak disana.

  1. Museum Brawijaya, Malang

Museum yang diresmikan pada tanggal 4 Mei 1968 ini menyimpan beberapa koleksi penting. Bangunan seluas 10.500 meter persegi ini menjadi tempat disimpannya beberapa senjata api, tank, relief dan masih banyak benda-benda yang digunakan TNI dalam mempertahankan kedaulatan Indonesia termasuk peta rute gerilya.

Salah satu koleksi yang menjadi sorotan adalah gerbong maut, sebuah gerbong kereta yang menewaskan para pejuang Indonesia yang saat menjadi tahanan Belanda yang berjumlah 46 orang.

  1. Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Yogyakarta

Kamu yang menggemari kendaraan udara milik TNI serta ingin tahu lebih dalam tentang TNI Angkatan Udara. Kamu wajib berkunjung ke Museum TNI AU Dirgantara Mandala yang terletak di Yogyakarta, tempat ini juga menjadi awal kelahiran dan juga perjuangan TNI AU pada tahun 1945 hingga 1949.

Museum ini baru diresmikan pada 29 Juli 1978, di museum ini menyimpan lebih dari 10 ribu koleksi dari komponen alat utama dan sistem senjata serta 40 pesawat dari berbagai negara. Termasuk C-130 Hercules, IL-14 Avia, Fokker 27 TS dan F-4 Hawk Hunter.

  1. Museum Satria Mandala, Jakarta

Museum yang juga pernah digunakan oleh Presiden RI Soekarno sebagai tempat peristirahatan. Terletak di Jalan Jenderal Gatot Subroto No 14, museum yang buka setiap selasa sampai minggu ini menyimpan berbagai koleksi milik TNI.

Di dalam kawasan Satria Mandala juga terdapat museum Waspada Purbawisesa, yang menampilkan berbagai diorama perjuangan Sejarah TNI dalam mempertahankan negara Republik Indonesia.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{