Loading...
Loading…
Luar Biasa, NASA Rilis Penampakan Megah dan Terjelas dari Planet Neptunus

Luar Biasa, NASA Rilis Penampakan Megah dan Terjelas dari Planet Neptunus

Travel | koran-jakarta.com | Sabtu, 01 Oktober 2022 - 08:36

Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA berhasil menangkap pemandangan paling jelas dari cincin planet Neptunus dan memotretnya raksasa es itu dalam cahaya yang baru pertama kali dilihat manusia.

Gambar baru yang berhasil diambil Teleskop Webb secara tajam menampilkan cahaya cincin planet Neptunus yang halus dan berdebu, sesuatu yang belum pernah terlihat sebelumnya sejak Voyager 2 NASA menjadi pesawat ruang angkasa pertama yang berhasil mengamati Neptunus pada tahun 1989. Kualitas pengambilan gambar Teleskop Webb yang sangat stabil dan presisi memungkinkan cincin yang sangat redup ini dideteksi begitu dekat dengan Neptunus. Teleskop Webb berhasil menghilangkan semua silau dan latar belakang sehingga para ahli dapat mulai mengupas komposisi atmosfer Neptunus.

"Sudah tiga dekade sejak terakhir kali kami melihat cincin samar dan berdebu ini, dan ini adalah pertama kalinya kami melihatnya dalam inframerah," kata Heidi Hammel, pakar sistem Neptunus dan ilmuwan interdisipliner untuk Teleskop Webb.

Neptunus telah memesona para peneliti sejak penemuannya pada tahun 1846. Terletak 30 kali lebih jauh dari Matahari daripada Bumi, Neptunus mengorbit di daerah terpencil yang gelap di tata surya bagian luar. Pada jarak ekstrim itu, Matahari begitu kecil dan redup sehingga tengah hari di Neptunus mirip dengan senja redup di Bumi.

Planet yang dicirikan sebagai raksasa es karena susunan kimiawi interiornya itu juga jauh lebih kaya akan unsur-unsur yang lebih berat daripada hidrogen dan helium ketimbang raksasa gas lainnya. Ini terlihat jelas dalam penampilan biru khas Neptunus dalam gambar Teleskop Luar Angkasa Hubble pada panjang gelombang yang terlihat, yang disebabkan oleh sejumlah kecil gas metana. Namun, berkat kamera Inframerah Dekat (NIRCam) Teleskop Webb, Neptunus tidak muncul berwarna biru lagi seperti gambar-gambar sebelumnya dari Voyager 2 dan Teleskop Antariksa Hubble.

Tak hanya itu, Teleskop Webb juga berhasil menangkap tujuh dari 14 bulan yang mengelilingi Neptunus, dengan bulan yang besar dan tak biasa, Triton, yang mendominasi gambar tersebut. Tercakup dalam kemilau beku nitrogen, Triton memantulkan rata-rata 70 persen sinar matahari yang mengenainya, membuatnya lebih mirip sebuah bintang. Kemilaunya bahkan jauh mengalahkan Neptunus dalam gambar ini karena atmosfer planet ini digelapkan oleh penyerapan metana pada panjang gelombang NIRCam Teleskop Webb . Triton mengorbit Neptunus dalam orbit mundur atau retrograde yang tidak biasa, membuat para astronom berspekulasi bahwa bulan ini awalnya adalah objek sabuk Kuiper yang ditangkap secara gravitasi oleh Neptunus. Atas dasar itu, para peneliti Webb telah merencanakan studi tambahan dari Triton dan Neptunus pada tahun mendatang.

Mengutip laman NASA, Teleskop Luar Angkasa James Webb adalah observatorium ilmu luar angkasa utama di dunia. Dipimpin oleh NASA dengan Badan Antariksa Eropa (ESA) dan Canadian Space Agency, Teleskop Webb digadang-gadang akan memecahkan misteri di tata surya kita, melihat ke luar ke dunia yang jauh di sekitar bintang lain, dan menyelidiki struktur misterius dan asal usul alam semesta kita.

Original Source

Topik Menarik