Loading...
Loading…
AS, Jepang Korsel Latbar, Korut Naik Pitan

AS, Jepang Korsel Latbar, Korut Naik Pitan

Powered by BuddyKu
Travel | Buka Mata News | Sabtu, 01 Oktober 2022 - 06:38

BUKAMATA - Angkatan Laut Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Jepang menggelar latihan militer bersama. Ketiga negara ini menggelar latihan gabungan anti-kapal selam untuk pertama kali dalam lima tahun terakhir, Jumat (30/9/2022).

Latihan ini berlangsung di wilayah perairan Semenanjung Korea sehari setelah Korea Utara meluncurkan dua rudal balistik ke perairan timur negara itu.

Mengutip Reuters, perwakilan angkatan laut Korsel mengatakan latihan ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan mereka merespons ancaman kapal selam Korut yang semakin meningkat.

"Termasuk rudal balistik dari kapal selam, di waktu yang sama kala negara itu secara konsisten memberikan ancaman nuklir dan rudal dengan serangkaian tes rudal balistik," demikian pernyataan Angkatan Laut Korsel.

Sementara itu, Angkatan Laut AS menuturkan latihan tersebut akan meningkatkan interoperabilitas, pun koordinasi taktis dan teknis di antara ketiga negara.

Angkatan Laut AS dan Jepang juga menyampaikan latihan ini bertujuan untuk mempromosikan "Indo-Pasifik yang terbuka dan bebas," di tengah tensi Taiwan-China di Selat Taiwan.

Kapal induk AS USS Ronald Reagan, kapal rudal jelajah USS Chancellorsville, kapal penghancur USS Barry, kapal penghancur Korsel Munmu the Great, dan kapal tanker Jepang Asahi turut ikut serta dalam latihan ini

Selain ketegangan China-Taiwan, latihan bersama ini juga digelar kala Semenanjung Korea semakin panas akibat Korut yang terus menguji coba teknologi rudal mereka. Korut bahkan digadang-gadang akan menggelar uji coba nuklir terbarunya dalam waktu dekat.

Satu lembaga think-tank AS menuturkan bahwa Korut mungkin bersiap meluncurkan kapal selam baru yang mampu menembakkan rudal balistik.

Militer Korsel juga mendeteksi tanda Korut mungkin bersiap melakukan uji coba rudal balistik dari kapal selam. Kabar ini tak dikonfirmasi oleh juru bicara militer, tetapi ia mengatakan sedang memantau ketat kapal selam Pyongyang.

Beberapa anggota Korsel mendapatkan informasi dari badan intelijen negara bahwa Korut telah menyelesaikan persiapan tes nuklir. Pyongyang juga dikabarkan akan melangsungkan uji coba tersebut pada 16 Oktober atau 7 November.

Jika uji coba nuklir berlangsung pada 16 Oktober, itu terjadi bersamaan kala Beijing mengadakan Kongres Partai Komunis China yang ke-20. Beijing sendiri merupakan mitra utama Korut.

Dalam kongres tersebut, pemimpin China Xi Jinping digadang-gadang bakal memperkuat genggamannya atas China dengan memimpin kembali di periode ketiga.

Itu juga bakal jadi uji coba nuklir terbaru Korut sejak 2017 lalu

Original Source

Topik Menarik