Loading...
Loading…
Daftar Negara Komunis di Dunia Saat Ini, Jumlahnya Bisa Dihitung Jari.

Daftar Negara Komunis di Dunia Saat Ini, Jumlahnya Bisa Dihitung Jari.

Powered by BuddyKu
Travel | BuddyKu | Jumat, 30 September 2022 - 18:05

Jumat, 30 September 2022 menjadi hari peringatan bagi rakyat Indonesia tentang terjadinya pemberontakan PKI yang dikenal dengan G30S/PKI. Partai Komunis Indonesia yang beroperasi sejak Indonesia belum merdeka pada tahun 1920 sampai 1965 memiliki tujuan membawa negara Indonesia bergerak di bawah ideologi komunisme . pada saat itu banyak sekali daftar negara komunis di belahan dunia karena ideologi yang dicetuskan oleh Karl Marx ini cukup populer, PKI bertujuan menambah daftar tersebut dengan upaya merubah ideologi pancasila. Namun seiringnya waktu dan praktik pemerintahan yang diktator di negara-negara komunis, mengakibatkan menurunnya daftar negara komunis di dunia, termasuk Uni Soviet yang saat itu dikenal sebagai negara komunis terbesar. Kini negara yang masih menggunakan ideologi komunis bisa dihitung jari, berikut daftar negara komunis di dunia saat ini.

  1. Korea Utara

Negara yang terkenal karena tertutup ini sebenarnya menolak sebutan komunis sebagai ideologi negaranya. Namun sampai sekarang Korea Utara masih menjalankan ideologi tersebut dan menjadi salah satu dari beberapa negara komunis yang terakhir.

Negara dibawah kekuasaan Kim Jong-un ini menganut ideologi \'Juche\' yang berlandaskan paham komunis ciptaan dari keluarga Kim sendiri. Ideologi ini menganut tentang kemandirian sebuah negara dan rakyatnya. Juche juga memberi kontrol penuh terhadap ekonomi negara yang membuat Korut terisolasi dari dunia luar.

Ideologi ini diresmikan pada tahun 1970 dan hingga sekarang rakyat Korea Utara masih berada dibawah pemimpin diktator Kim Jong-un, semua rakyatnya dikontrol secara ketat terhadap segala akses informasi, baik yang masuk maupun informasi yang keluar.

  1. Vietnam

Sejak tahun 1975, Vietnam berada dibawah bendera ideologi komunis setelah negara tersebut melewati perang Vietnam. Negara yang hanya memiliki satu partai ini mengalami beberapa penyesuaian. Partai Komunis Vietnam yang menjadi penguasa pemerintahan sempat menyesuaikan kondisi ekonomi negaranya pada tahun 1986.

Vietnam memperkenalkan Doi Moi, sebuah kebijakan yang merubah komponen ideologi komunis yang sebelumnya mengatur sistem ekonomi negara secara terpusat di pemerintahan, kini berubah menjadi sistem ekonomi kapitalis yang digerakan oleh pasar. Akibat perubahan ini, ekonomi Vietnam mengalami perkembangan yang sangat pesat. Secara resmi Vietnam masih merupakan negara komunis meskipun ideologi komunis yang digunakan telah dimodifikasi meninggalkan ideologi komunis yang dibawa oleh Karl Marx

  1. Laos

Daftar negara komunis di dunia selanjutnya adalah Laos, pada tahun 1975 Laos dikuasai oleh Partai Revolusi Rakyat Laos (LPRP) yang merupakan partai dengan ideologi komunis. Hampir sama seperti negara komunis yang tersisa, mereka tidak mengakui ideologi komunis sebagai landasan negara, meskipun secara konstitusi mereka adalah negara komunis.

Pada tahun 1991, Laos mengadopsi konstitusi yang menjamin hak-hak manusia, akan tetapi poin penting dari HAM itu sendiri yaitu hak untuk hidup, kebebasan berekspresi dan berkumpul tidak diikut sertakan dalam konstitusi tersebut.

  1. Kuba

Kuba menjadi satu-satunya negara yang mengadopsi ideologi komunis di wilayah barat sejak 1959. Berawal dari Fidel Castro yang berhasil merebut kekuasaan dari Fulgencia Batista, seorang militer diktator. Castro sendiri menduduki kepemimpinan di Kuba sampai tahun 2008. Masuknya komunisme di Kuba ternyata membawa banyak perubahan yang mengarah pada perbaikan infrastruktur negara termasuk penyediaan fasilitas kesehatan dan pendidikan gratis, bahkan segala bisnis yang bersifat swasta dinasionalisasi.

Kuba juga memberikan hak kepemilikan ponsel dan komputer kepada rakyatnya, dan menganut sistem pasar bebas yang membawa perekonomian Kuba bergerak ke arah yang lebih baik. Selain itu Kuba juga menjalin hubungan dengan Uni Eropa, namun sama seperti negara komunis lainnya. Kuba masih membatasi perbedaan pendapat bahkan tak ada toleransi untuk hal itu.

  1. China

Saat ini negara komunis terbesar di dunia dipegang oleh China, pemerintahan komunis di China bermula pada tahun 1949 di bawah kepemimpinan Mao Zedong yang berhasil mengalahkan pasukan nasionalis ketika terjadi perang saudara di China dan memproklamirkan Republik Rakyat China.

Sejak berdirinya RRC dibawah naungan ideologi komunis, banyak rakyatnya yang mati kelaparan, mengalami penyiksaan, kerja paksa hingga bunuh diri, semua ini dikarenakan pemerintahan China yang membawa semua lahan pertanian serta bisnis di China dibawah kendali negara.

Pada tahun 1979 China melakukan reformasi setelah Mao Zedong meninggal dunia, hasilnya China melakukan ekspansi di bidang ekonomi yang begitu cepat dan membawa China menjadi salah satu negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia. China juga melepas beberapa komponen yang membentuk ideologi komunis karena dirasa menghambat pertumbuhan negara, namun mereka tetap membatasi dan memegang kontrol penuh rakyatnya.

Itu tadi beberapa ulasan mengenai daftar negara komunis di dunia saat ini, meskipun hanya tersisa beberapa namun negara ini masih tetap eksis bahkan sampai ada yang memiliki kekuatan ekonomi besar dan bisa menyaingi Amerika Serikat.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{