Loading...
Loading…
Ini Sebab Lambang PKI Indonesia Sama Seperti Partai Komunis di Luar Negeri

Ini Sebab Lambang PKI Indonesia Sama Seperti Partai Komunis di Luar Negeri

Powered by BuddyKu
Travel | BuddyKu | Jumat, 30 September 2022 - 18:00

Momen tanggal 30 September bagi rakyat Indonesia bukalah momen yang menyenangkan, pasalnya pada tanggal tersebut terjadi insiden berdarah yang melibatkan para anggota PKI dan tewasnya 7 Jenderal kita. Karena kejadian tersebut, ideologi PKI dan segala atribut yang berkaitan dengan partai ini dilarang di Indonesia, bahkan jika seseorang kedapatan mengenakan pakaian atau aksesoris yang memiliki lambang PKI akan terkena masalah dan bisa berurusan dengan badan penegak hukum. Jika kita melihat beberapa sumber yang ada, bisa kita ketahui jika lambang PKI Indonesia ini sama dengan lambang komunis yang ada diluar negeri meski ada modifikasi beberapa namun esensinya masih sama membawa simbol palu dan arit.

Komunisme pertama kali dikenalkan oleh Karl Marx, namun pada saat itu ideologi ini belum memiliki simbol sama sekali. Pemakaian gambar palu arit ini bermula ketika rakyat Rusia melakukan revolusi dengan membawa ideologi komunis yang kemudian digunakan sebagai simbol resmi Uni Soviet pada tahun 1992.

Penggunaan gambar palu yang dipadukan dengan arit memiliki makna yang sangat sederhana, gambar palu digunakan untuk mewakili kaum pekerja dan arit mewakili kaum petani yang pada saat itu merasa ditindas di Rusia oleh para kaum kapitalis.

PKI di Indonesia juga memakai gambar palu dan arit sebagai simbol partainya karena memiliki tujuan yang serupa dengan kaum di Rusia pada saat itu, yaitu mencoba menumbangkan kekuasaan kolonial Belanda pada saat itu yang gagal pada saat itu. Akhirnya pemerintahan Hindia Belanda melarang PKI pada saat itu.

Tahun 1948 PKI kembali melakukan pemberontakan kepada negara Indonesia yang baru saja merdeka, Muso yang saat itu baru kembali dari Rusia menjalin kerjasama dengan dengan Amir Sjarifuddin yang saat itu adalah Menteri Pertahanan.

Kemudian pada tahun 1955 PKI berhasil memperoleh dukungan suara banyak pada saat pemilu, dan pada saat itu juga Indonesia menjadi negara yang memiliki ideologi komunis secara terselubung dan terbesar ketiga di dunia selain Uni Soviet dan China.

Namun setelah 10 tahun akhirnya PKI runtuh setelah kejadian yang memakan korban 7 jenderal Indonesia, akhirnya seluruh kejadian tersebut ditujukan kepada PKI sebagai dalang dibalik pembunuhan yang terjadi.

Jika melihat dari arti lambang PKI Indonesia berdasarkan perjalanan partai ini dari awal dibentuk, mereka tetap memakai palu arit sebagai gambar lambang PKI sebagai dasar ideologi mereka yang bertujuan menggulingkan sistem kolonial Belanda. Msekipun pada akhirnya mereka berubah menjadi pemberontak dan seluruh kegiatannya dilarang, bahkan sampai sekarang menggunakan lambang PKI Indonesia sangat-sangat dilarang.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{