Loading...
Loading…
Ketahui Dulu Perbedaan Visa dan Paspor, Sebelum Berangkat ke Luar Negeri

Ketahui Dulu Perbedaan Visa dan Paspor, Sebelum Berangkat ke Luar Negeri

Powered by BuddyKu
Travel | BuddyKu | Rabu, 28 September 2022 - 16:37

Rencana liburan ke luar negeri mungkin sudah kamu persiapkan secara matang, tapi masalahnya liburan kali ini adalah kali pertama kamu ke luar negeri. Kamu bingung dengan dokumen yang harus dipersiapkan, belum lagi kamu tidak tahu apa bedanya visa dan paspor , mengapa kedua dokumen ini diperlukan saat kamu bepergian keluar negeri. Lalu apa perbedaan visa dan paspor, artikel ini akan menjelaskan kepadamu perbedaan kedua dokumen ini supaya kamu tidak bingung saat proses pembuatan, dan tentunya bisa menjadi insight tambahan.

Kamu wajib menyiapkan dokumen ini jauh sebelum kamu berangkat pergi ke luar negeri, kamu tidak bisa meminta pembuatan kedua dokumen ini secara instan, karena proses pembuatannya memakan waktu cukup lama. Karena keduanya diperlukan, terkadang ada beberapa orang yang menganggap kedua dokumen ini sama, padahal berbeda baik dari proses pembuatan hingga kegunaannya.

Perbedaan Visa dan Paspor

Visa merupakan dokumen yang berisikan izin terhadap seseorang yang diberikan oleh suatu negara kepada warga negara lain agar bisa masuk dan beraktivitas di negara tempat visa diterbitkan. Visa hanya diterbitkan oleh negara yang menjadi tujuan kamu, atau negara yang mau kamu kunjungi melalui kantor kedutaan besar atau perwakilan sebuah negara, tetapi ada juga beberapa negara yang memberlakukan aturan bebas visa sehingga kamu tidak perlu mengurus surat ijin visa.

Sedangkan paspor adalah dokumen yang berisikan identitas kamu layaknya KTP yang digunakan sebagai bukti identitas yang diakui secara internasional, paspor sendiri diterbitkan di negara asal melalui kantor imigran.

Mudahnya dalam menganalogikan paspor dan visa adalah paspor ini memiliki fungsi layaknya kartu identitas yang kamu punya, sementara visa bisa kamu anggap sebagai tiket dufan. Kalau kamu tidak memiliki tiket ke dufan sudah tentu kamu tidak diijinkan masuk apalagi menikmati segala macam wahana yang ada didalamnya, begitu juga dengan visa.

Paspor ini nantinya akan memiliki kegunaan sebagai dokumen identifikasi kamu, jadi kedua dokumen ini wajib disimpan dan dibawa ketika kamu pergi keluar negeri. Jangan sampai perjalan keluar negeri terhambat dan bermasalah hanya kamu tidak membawa kedua dokumen ini.

Selain itu, paspor dan visa juga digolongkan menjadi beberapa kategori sesuai tujuan kamu berkunjung keluar negeri untuk apa. Misalnya paspor standar yang berwarna hijau digunakan oleh orang - orang yang berkunjung secara normal, ada juga paspor hitam untuk urusan diplomatik, paspor berwarna biru untuk kedinasan, dan ada juga paspor untuk urusan haji dan umroh.

Visa dilain sisi juga sama dibedakan menjadi beberapa golongan, seperti visa transit, kerja, turis, pelajar maupun diplomatik. Biasanya visa ini menempel pada lembaran - lembaran paspor kamu sehingga ketika diperlukan, kedua dokumen ini tidak akan tercecer. Perlu diketahui jika dokumen ini juga memiliki masa berlaku, yang biasanya paspor memiliki masa lebih lama dibandingkan visa.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{