Loading...
Loading…
Outing Class di Kawasan Geopark Gunung Sewu

Outing Class di Kawasan Geopark Gunung Sewu

Powered by BuddyKu
Travel | RadarJogja | Rabu, 28 September 2022 - 11:32

RADAR JOGJA Untuk mengedukasi pelajar mengenai geopark atau taman bumi yang diakui UNESCO, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mengedukasi pelajar melalui kegiatan outing class. Kegiatan ini sekaligus untuk mendidik siswa-siswi agar mencintai dan mengenal lingkungan sekitar.

Geopark Gunung Sewu berada di tiga kabupaten. Salah satunya Gunungkidu.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Gunungkidul Nunuk setyowati mengatakan, bersama dengan dinas pariwisata (dispar), dinas kebudayaan (disbub), dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait lainnya bersinergi mengadakan sosialisasi pariwisata dan budaya melalui jalur pendidikan ini. Pesertanya pelajar dan guru pendamping, kata Nunuk Setyowati kemarin (27/9).

Dia menjelaskan, outing class merupakan media yang paling efektif dan efisien dalam menyampaikan pembelajaran yang bukan didasarkan dari teori saja, tetapi juga pembuktian di lapangan secara langsung. Peserta didik diajak berkunjung ke kawasan geopark dan melakukan pembelajaran di lapangan untuk memperkuat teori.Tujuan diberlakukan kegiatan ini, untuk mendidik siswa-siswi agar mencintai dan mengenal lingkungan sekitar, ujarnya.

Bahkan, demi mendukung kegiatan secara optimal dinas pendidikan akan membuat surat edaran baik untuk SD dan SMP yang akan melaksanakan kegiatan wisata ke luar Gunungkidul diwajibkan mencantumkan tempat wisata yang sudah dikunjungi di Gunungkidul. Sejauh ini aturan tersebut sudah diberlakukan di wilayah Kapanewon Wonosari dan Kapanewon Playen.

Memang belum masuk dalam kurikulum pembelajaran. Belum ada program formal baru sebatas sosialisasi dan program geopark goes to school dan geopark explore, ucapnya.

Menurutnya, dikpora getol mengedukasi masyarakat tentang geopark lantaran wilayah ujung timur DIJ ini menjadi bagian dari bentang karst selain Pacitan, Jawa Timur dan Wonogiri di Jawa Tengah.Agar para siswa tahu kondisi kekayaan geopark, mereka akan diajak ke lokasi untuk belajar dan berinteraksi langsung dengan alam, bebernya.

General Manager (GM) Gunung Sewu UGG Budi Martono mengatakan, tidak mudah memperoleh kepercayaan badan dunia dan ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia. Karena itu dalam mempertahankannya diperlukan komitmen bersama. Revalidasi status keanggotaan Geoprak Gunung Sewu di UGG dilaksanakan tahun depan, kata Budi Martono. (gun/din)

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{