Salah Satu Ciri Perubahan Iklim, Air Danau Tak Nampak Biru Melainkan Hijau Kecokelatan

Salah Satu Ciri Perubahan Iklim, Air Danau Tak Nampak Biru Melainkan Hijau Kecokelatan

Travel | BuddyKu | Selasa, 27 September 2022 - 11:45
share

Dewasa ini, Bumi telah mengalami yang namanya perubahan iklim yang nyata. Salah satu bentuk nyata perubahan ini ialah warna air danau yang seharusnya berwarna biru, kini akan terlihat menjadi hijau kecokelatan.

Warna air danau mampu menjadi salah satu pertanda jika kondisi alam sudah tidak sebaik sebagaimana mestinya. Warna hijau kecokelatan ini diakibatkan hilangnya kesehatan ekosistem di dalam danau.

Dikutip dari National Geographic, perubahan warna air danau diakibatkan oleh zat di dalam danau seperti ganggang dan sedimen. Banyaknya ganggang yang bermunculan ke permukaan air akan menutupi warna biru dari air.

Selain itu, studi baru menemukan suhu udara, curah hujan, kedalaman, dan ketinggian danau juga memainkan peran penting dalam menentukan warna air danau yang paling umum.

Namun, danau yang berwarna biru cenderung lebih dalam dan ditemukan di daerah lintang tinggi yang sejuk dengan curah hujan tinggi dan lapisan es musim dingin.

Danau hijau kecokelatan merupakan 69% dari semua danau, lebih tersebar luas dan ditemukan di daerah yang lebih kering, interior kontinental, serta di sepanjang garis pantai, demikian menurut temuan studi tersebut.

Para peneliti menggunakan 5,14 juta citra satelit untuk 85.360 danau dan waduk di seluruh dunia dari tahun 2013 hingga 2020 untuk menentukan warna air yang paling umum.

Warna danau juga dapat berubah secara musiman, sebagian disebabkan karena perubahan pertumbuhan alga, sehingga penulis studi mengkarakterisasi warna danau dengan menilai warna danau yang paling sering terjadi selama tujuh tahun.

Studi baru juga mengeksplorasi bagaimana tingkat pemanasan yang berbeda dapat memengaruhi warna air jika perubahan iklim terus berlanjut.

Studi ini menemukan perubahan iklim dapat menurunkan persentase danau biru. Banyak di antaranya ditemukan di Pegunungan Rocky, Kanada timur laut, Eropa utara, dan Selandia Baru.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik