Maulid Nabi Sebentar Lagi, Gimana Sih Sejarahnya?

Maulid Nabi Sebentar Lagi, Gimana Sih Sejarahnya?

Travel | BuddyKu | Selasa, 27 September 2022 - 10:33
share

Buat Buddies yang beragama Islam, Maulid Nabi 2022 akan dirayakan pada Oktober nanti. Nah, biasanya salah satu amalan yang dilakukan pada momen itu adalah sholawat.

Dalam momen-momen ini, umat Islam seringkali melantunkan amalan dengan membaca sholawat nabi.

Membaca sholawat nabi dapat memberi banyak kemuliaan dan anjuran untuk menghormati Muhammad SAW. Hal ini terdapat dalam surat Al Ahzab Ayat 56 yang artinya:

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya". (QS. Al Ahzab 56)

Ada banyak jenis perayaan memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW . Mulai dari pengajian, pembacaan maulid nabi, hingga tabligh akbar. Biasanya penceramah pada peringatan Maulid Nabi membahas tentang sosok Rasulullah SAW dan kelahirannya.

Sebagai informasi, perayaan Maulid Nabi dimulai pada hari-hari awal Islam, abad ke-11. Maulid Nabi dimulai di Mesir dengan Syiah Fatimids yang merupakan keturunan Ali. Maulid ini menarik sejumlah besar umat muslim yang berkumpul untuk sholat di masjid al-Alzhar.

Meskipun Nabi Muhammad dilahirkan pada 12 tanggal Rabiul Awwal tahun 570 M di Mekkah, tradisi Maulid tidak hanya diperingati pada tanggal tersebut saja. Melansir dari Nu Online , merayakan MaulidNabi Muhammad SAWmerupakan kecintaan atas anugerah datangnya manusia paling sempurna di muka bumi.

Topik Menarik