5 Etika Wisata yang Harus Diterapkan Traveler, Nomor 3 Sering Terabaikan!

5 Etika Wisata yang Harus Diterapkan Traveler, Nomor 3 Sering Terabaikan!

Travel | BuddyKu | Selasa, 27 September 2022 - 06:20
share

Setiap tanggal 27 September diperingati sebagai World Tourism Day atau Hari Pariwisata Dunia. Ini menjadi momentum yang tepat untuk mendorong perkembangan pariwisata di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Meski semua negara terbuka untuk para traveler, namun tetap kita tetap harus mematuhi aturan yang ada di tempat yang kita kunjungi.

Yang terpenting, ketika berkunjung ke setiap tempat wisata, ada baiknya mengikuti aturan, menjaga kebersihan dan juga tidak merusak alam.

Dikutip dari Antara, berikut etika wisata yang harus diterapkan traveler ketika sedang berlibur:

1. Menggunakan transportasi umum

Ketika melakukan perjalanan liburan, usahakan untuk menggunakan angkutan umum selama di tempat tujuan. Selain lebih murah, langkah ini juga dapat menghemat bahan bakar.

2. Patuhi adat istiadat setempat

Sebagai wisatawan yang belum tahu seluk beluk tujuan liburan yang disinggahi, sebaiknya mematuhi peraturan tertulis dan juga peraturan tidak tertulis.

Mematuhi peraturan yang berlaku di daerah tempat berwisata merupakan suatu tindakan yang patut diapresiasi, karena ikut menghargai dan menghormati lingkungan serta penduduk lokal.

3. Bawa kantong belanja sendiri

Traveler disarankan untuk membawa kantong belanja sendiri untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Pilih kantong belanja yang bisa dilipat dengan ringkas agar tak merepeotkan.

Membawa kantong belanja sendiri sering terabaikan oleh traveler. Padahal, ini termasuk etika penting.

Selain itu, pastikan sampah yang dibawa dibuang ke tempat semestinya. Jika tidak ada tempat sampah, bisa disimpan dulu, lalu dibuang saat sudah menemukan tempat sampah.

4. Lestarikan flora dan fauna

Jika tempat yang akan dikunjungi masuk dalam kategori wisata alam, jangan sampai merusak ekosistem flora dan fauna di tempat tersebut. Hindari untuk merusak tanaman atau mengganggu hewan yang ada.

5. Ramah, sopan, dan membantu warga setempat

Saat berlibur cobalah selalu bersikap sopan dan ramah dengan warga lokal tempat kamu berlibur.

Dengan menerapkan sifat ini, warga lokal akan melakukan hal yang sama. Sikap ramah tidak hanya ditujukan kepada sesama, tetapi juga ke lingkungan sekitar.

Artikel Menarik Lainnya: