Loading...
Loading…
Ditemukan Fosil Kerang Laut Dekat Gua di Daratan Pulau Bunga NTT Berusia 150 Juta Tahun

Ditemukan Fosil Kerang Laut Dekat Gua di Daratan Pulau Bunga NTT Berusia 150 Juta Tahun

Powered by BuddyKu
Travel | Delta3 | Selasa, 27 September 2022 - 03:26

DELTA3.CO.ID| Fosil Kerang Laut ditemukan di daratan Pulau Bunga sebutan untuk Pulau Flores di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Fosil Kerang Laut yang ditemukan di Pulau Bunga itu diperkirakan berusia 150 juta tahun, berdasarkan hasil penelusuran sementara dari google lens.

Lokasi ditemukannya Fosil Kerang Laut itu dekat Gua Batu Cermin (GBC), Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), menempel di salah satu batu di luar gua.

Penemuan itu saat tim dari Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bidadari, membuka jalur baru di dalam obyek wisata GBC Labuan Bajo yang luasnya 19 hektar.

Setelah penemuan itu, tahun 2021 lalu Perumda Bidadari berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mabar, lalu bersurat ke Pusat Penelitian ArkaelogiNasional (Puslit Arkenas) agar melakukan penelitian lebih lanjut.

Setelah bersurat ke Puslit Arkenas, direncanakan melakukan penelitian lanjutan tahun 2022 ini, ternyata tahun ini Puslit Arkenas sudah dilebur dan menjadi BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional, Red ). Kami belum berkoordinasi lagi, kata Direktur Utama (Dirut) Perumda Bidadari Sutanto Werry, kepada media ini, Senin (26/9/2022).

Untuk diketahui, selama ini di kawasan GBC itu juga ada fosil kura-kura dan ikan.

Diduga masih ada sejumlah fosil jenis lainnya yang belum ditemukan dalam kawasan obyek wisata GBC di destinasi pariwisata super premium Labuan Bajo itu. ***

Artikel Menarik Lainnya

Original Source

Topik Menarik