Loading...
Loading…
Takut Jadi Target Rusia, Polandia Borong Jet Tempur FA-50 dari Korsel

Takut Jadi Target Rusia, Polandia Borong Jet Tempur FA-50 dari Korsel

Travel | koran-jakarta.com | Minggu, 25 September 2022 - 09:01

Polandia akan mendatangkan pesawat jet tempur dari Korea Selatan (Korsel). Kementerian Pertahanan Nasional Polandia telah menandatangani dua kontrak dengan Korsel untuk membeli 48 jet tempur FA-50.

Adapun pembelian jet tempur tersebut bertujuan untuk meningkatkan kekuatan Angkatan Udara Polandia di tengah kecemasan keamanan yang tengah berlangsung terkait perang Rusia dan Ukraina.

Dalam kontrak tersebut, pengiriman jet tempur tersebut dilakukan secara bertahap, dengan 12 jet pertama akan dikirimkan Korsel pada tahun depan. Sementara, 36 jet tempur lainnya akan dikirim ke Polandia pada tahun 2025 hingga 2028 mendatang.

Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan, pelaksanaan program untuk memperkenalkan pesawat FA-50 kepada militer Polandia akan memungkinkan pihaknya untuk sepenuhnya mengundurkan diri dari penggunaan jet tempur buatan Soviet, yakni pesawat MiG-29 dan Su-22. Ini disampaikan Andrzej Duda dalam pernyataan yang dirilis kantornya.

"Kami berasumsi bahwa secara umum untuk beberapa dekade mendatang, dan di atas semua tahun, ini bukan akhir dari pembelian kami untuk pasukan jet tempur Polandia," katanya saat upacara penandatanganan resmi pada Jumat, 16 September 2022, dikutip dari Defense News , Selasa (20/9).

Seorang Juru Bicara Badan Persenjataan Kementerian Polandia, Letnan Kolonel Krzysztof P?atek menulis di Twitter bahwa dua kontrak FA-50 bernilai total 3 miliar dolar Amerika Serikat (AS).

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{