Loading...
Loading…
Gokil! Spiderman Parepare Temukan Banyak Benda Ini Saat Beraksi di Pesisir Pantai Cempae

Gokil! Spiderman Parepare Temukan Banyak Benda Ini Saat Beraksi di Pesisir Pantai Cempae

Powered by BuddyKu
Travel | Indozone | Sabtu, 24 September 2022 - 09:28

Hari Maritim Nasional di Indonesia diperingati setiap 23 September. Memiliki wilayah yang terdiri dari 70 persen lautan dan 30 persen daratan, membuat Indonesia kerap disebut sebagai negara maritim. Namun sayangnya, kepedulian dan kesadaran untuk menjaga laut khususnya dari sampah justru sangat memprihatinkan.

Makanya, bertepatan dengan peringatan Hari Maritim Nasional tahun ini Spiderman Parepare kembali melakukan aksinya di wilayah pesisir Pantai Cempae, Kelurahan Cempae, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Jumat (23/9/2022) siang.

spiderman parepare
Spiderman Parepare bersihkan pesisir pantai (Z Creators/Rudi Hartono)

Di bawah terik sinar matahari, Spiderman Parepare mengumpulkan sampah plastik maupun sampah kain, yang bahkan sudah tertimbun pasir.

"Kesadaran untuk menjaga laut dari sampah itu memang sangat minim, kampanye pentingnya kebersihan pantai sangat dibutuhkan, itulah kenapa saya enggak bosan mengajak masyarakat menjaga laut kita ini dengan melakukan aksi satu kantong sampah setiap hari, terang Spiderman Parepare Pegiat lingkungan yang kerap terlihat membersihkan pantai dengan kostum superhero nya.

Ini memang bukan aksi pertama yang dilakukan oleh Spiderman Parepare dalam upayanya mengajak masyarakat menjaga lingkungan. Sebelumnya Spiderman Parepare pernah mengibarkan bendera merah putih raksasa di tengah laut untuk menarik perhatian warga.

"Spiderman Parepare itu sangat konsisten, dia tidak pernah berhenti mengajak orang melihat ke pantai, kampanyenya memang unik, tapi memang cocok dengan culture kita, kata Ibrahim salah satu warga Parepare.

Dalam aksinya kali ini Spiderman Parepare berhasil mengumpulkan ratusan gelas plastik bekas dan botol plastik bekas air. Enggak hanya itu sampah kain dan popok bekas juga banyak dikumpulkannya dari wilayah pesisir Pantai Cempae.

spiderman parepare
Spiderman Parepare temukan plastik tertimbun pasir (Z Creators/Rudi Hartono)

Sampah yang dikumpulkan Spiderman Parepare ini biasanya akan dijemput langsung oleh petugas kebersihan kota Parepare, setelah aksi Spiderman selesai.

"Alasannya itu memang untuk membuat semua orang melihat ke laut. Nenek moyang kita dulu membangun rumah menghadap ke laut atau aliran sungai karena menghargai laut dan sumber air, tapi sekarang kebanyakan orang membangun rumah membelakangi sumber air agar limbahnya bisa langsung ke aliran air, ungkap Spiderman Parepare.

Spiderman Parepare berjanji akan terus melakukan aksinya demi mengajak seluruh lapisan masyarakat ikut menjaga lingkungan. Meski cara yang dilakukannya masih menuai sorotan karena kostum yang digunakannya.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik!Lets join Z Creators dengan klik di sini .

Z Creators
Z Creators
Original Source

Topik Menarik

{