Bandara Kertajati Ditargetkan Melayani Penerbangan Haji dan Umroh pada November 2022

Bandara Kertajati Ditargetkan Melayani Penerbangan Haji dan Umroh pada November 2022

Travel | BuddyKu | Jum'at, 23 September 2022 - 10:09
share

GenPI.co Jabar - Mimpi masyarakat Jawa Barat untuk melihat Bandara Kertajati, Majalengka beroperasi dengan normal akan segera terwujud.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara terus mempersiapkan Bandara Kertajati supaya melayani angkutan umrah dan haji mulai November 2022.

"Langkah awal adalah membuka rute penerbangan untuk umrah yang akan dibuka November mendatang. Fasilitas Custom, Imigration, Quarantine (CIQ) saat ini sudah standby on call untuk bertugas," kata Plt Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono di Jakarta, Kamis.

Dia menambahkan, angkutan penerbangan untuk melayani haji, umrah, dan pembukaan rute internasional sudah dikoordinasikan dan audiensi dengan kementerian/lembaga terkait dan pemerintah daerah.

Kemudian, dilakukan juga dengan penyelenggara Bandara Kertajati, maskapai, hingga agen perjalanan guna membuka rute penerbangan umrah dari Kertajati (KJT) menuju Jeddah (JED).

Nur Isnin juga menegaskan, fasilitas penunjang seperti penginapan atua hotel di dekat bandara, rumah sakit, asrama haji, dan lainnya sangat penting disiapkan.

"Tentunya upaya ini harus didukung oleh fasilitas-fasilitas pendukung penting lainnya seperti jalan arteri dan akses jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang direncanakan selesai pada Oktober nanti," ujarnya.

Sejauh ini, lanjut dia, Ditjen Perhubungan Udara, sudah mengirimkan surat kepada General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi pada 7 September 2022.

Kemenhub juga sudah meminta dukungan GACA supaya membuka slot yang diminta maskapai Indonesia untuk melayani penerbangan membawa para calon jemaah melalui Bandara Kertajati mulai November 2022.

Menurut dia, Bandara Kertajati merupakan pintu masuk perjalanan internasional, berpeluang memulihkan trafik penerbangan yang sempat lesu akibat pandemi COVID-19.

Potensi jemaah umrah dari kawasan sekitar Kertajati seperti dari Bandung Raya, Ciayumajakuning, Jawa Barat, dan Jawa Tengah, berdasarkan data Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama pada Tahun 1444H/2022, terdapat 8.657 jemaah umrah yang belum berangkat.

"Belum lagi masyarakat yang suka bepergian ke luar negeri, sehingga dengan adanya Bandara Kertajati ini diharapkan masyarakat makin mudah dan efisien dalam bermobilitas," katanya. (ant)

Heboh..! Coba simak video ini:

Topik Menarik