Bicara Naturalisasi, Park Hang Seo Bongkar Kelemahan Federasi Vietnam

Bicara Naturalisasi, Park Hang Seo Bongkar Kelemahan Federasi Vietnam

Travel | BuddyKu | Selasa, 20 September 2022 - 16:48
share

GenPI.co - Pelatih Park Hang Seo berani membongkar kelemahan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) saat dirinya buka suara terkait naturalisasi pemain.

Seperti diketahui, beberapa negara di Asia Tenggara (ASEAN) telah melakukan naturalisasi pemain untuk memperkuat timnas sepak bola mereka.

Salah satunya adalah Timnas Indonesia , yang saat ini tengah melakukan naturalisasi pemain kepada Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama.

Selain Indonesia, terdapat juga Malaysia yang telah melakukan naturalisasi kepada pemain keturunan Inggris, Dion Cools, Mohamadou Sumareh dan Guilherme de Paula.

Kini, Vietnam pun menuai sorotan. Berstatus sebagai salah satu negara sepak bola terbaik di ASEAN, tetangga China itu tampaknya cukup tertarik untuk melakukan naturalisasi pemain.

Pelatih Park Hang Seo mengatakan bahwa bila ada pemain yang ingin dinaturalisasi, maka dia harus memiliki darah Vietnam.

"Jika pemain itu punya akar (keturunan, red) Vietnam maka dia bisa membela Timnas Vietnam. Namun, saya tidak tahu berapa banyak pemain seperti itu yang bermain di luar (negeri)," jelas Park Hang Seo dikutip dari Soha, Selasa (20/2).

Namun, Park Hang Seo secara gamblang mengatakan bila VFF tidak memiliki banyak data terkait pemain keturunan Vietnam di luar negeri.

"VFF (Federasi Sepak Bola Vietnam) tidak memiliki banyak informasi yang bisa diberikan," tambah pria asal Korea Selatan itu.

Tentu saja ini merupakan sebuah kerugian untuk Park Hang Seo, dan kelemahan untuk VFF dan sepak bola Vietnam.

Pasalnya, andaikan ada pemain keturunan di luar negeri dan bermain sepak bola, maka skuad Vietnam diprediksi akan semakin tangguh.(*)

Video populer saat ini:

Topik Menarik