Dalam waktu dekat, Turbulensi Pesawat Meningkat! Ini Alasannya

Dalam waktu dekat, Turbulensi Pesawat Meningkat! Ini Alasannya

Travel | BuddyKu | Rabu, 7 September 2022 - 07:18
share

GenPI.co - Para ilmuwan meyakini bahwa turbulensi pesawat meningkat 2 sampai 3 kali lipat dalam waktu dekat.

Ini adalah efek lain perubahan di samping naiknya air laut dan kekeringan yang lebih lama

Turbulensi terjadi ketika sebuah pesawat terbang melalui badan udara yang berbenturan yang bergerak dengan kecepatan yang sangat berbeda.

Kondisi ini biasanya menghasilkan guncangan dalam pesawat selama penerbangan. Namun, dalam kasus terburuk, turbulensi dapat menyebabkan kerusakan parah dan cedera.

Melansir CNN Selasa (6/9), Paul Williams, seorang profesor ilmu atmosfer di University of Reading di Inggris, menjelaskan bahwa ada skala untuk mengukur seberapa kuat turbulensi.

"Ada turbulensi ringan, yang sedikit membebani sabuk pengaman Anda, tetapi layanan makanan dapat berlanjut, katanya.

Lalu ada turbulensi sedang di mana sabuk pengaman wajib dikenakan. Berjalan menjadi sulit sehingga pramugari biasanya menginstruksikan penumpang untuk duduk.

"Jenis terburuk adalah turbulensi parah: ini lebih kuat dari gravitasi, sehingga dapat menjepit Anda ke kursi dan jika Anda tidak mengenakan sabuk pengaman, Anda akan terlempar ke dalam kabin, lanjut Williams.

Dia menambahkan, ini adalah jenis turbulensi yang menyebabkan Cedera serius -- diketahui bisa mematahkan tulang, misalnya.

Profesor tersebut lebih lanjut mengatakan bahwa turbulensi akan meningkat di waktu-waktu mendatang akibat perubahan iklim.

Mr Williams percaya bahwa perubahan iklim memodifikasi turbulensi.

"Kami menjalankan beberapa simulasi komputer dan menemukan bahwa turbulensi parah dapat berlipat ganda atau tiga kali lipat dalam beberapa dekade mendatang," katanya.

WIlliams lebih lanjut menyoroti jenis turbulensi lain yang disebut "turbulensi udara jernih".

Tidak seperti turbulensi yang disebabkan oleh badai petir atau awan, turbulensi udara jernih terjadi secara tiba-tiba dan sulit untuk dihindari.

Mr Williams memperkirakan bahwa "turbulensi udara bersih" akan meningkat secara signifikan di seluruh dunia pada periode 2050-2080, khususnya di sepanjang rute penerbangan tersibuk, dan jenis turbulensi terkuat akan meningkat paling banyak.

Namun, ia juga menyatakan bahwa ini tidak berarti bahwa terbang akan kurang aman. Dia menjelaskan, durasi turbulensi saja rata-rata akan meningkat.

"Biasanya, pada penerbangan transatlantik, Anda mungkin mendapatkan 10 menit turbulensi. Saya pikir dalam beberapa dekade ini dapat meningkat menjadi 20 menit atau setengah jam, kata dia.

Williams mengimbuh, menjaga sabuk pengaman Anda tetap kencang setiap saat saat duduk adalah cara terbaik untuk meminimalkan risiko cedera akibat turbulensi.(*)

Video populer saat ini: