Pertamina Pastikan Ketersediaan BBM Selama Gelaran G20 Belitung Aman

Pertamina Pastikan Ketersediaan BBM Selama Gelaran G20 Belitung Aman

Travel | BuddyKu | Selasa, 6 September 2022 - 14:22
share

PT. Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel memastikan ketersediaan stok bahan bakar minyak (BBM) selama penyelenggaraan Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 Presidensi Indonesia di Pulau Belitung pada tanggal 7 - 9 September 2022 mendatang aman.

Kepastian itu disampaikan S ales Branch Manager Pertamina Niaga Reiner Bontong soal ketersediaan stok BBM selama penyelenggaraan G20. Reiner menjelaskan Pertamina telah menyiapkan sarana dan fasilitas Fuell Terminal atau depot dan melengkapi dengan peralatan hingga penambahan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Sementara di SPBU, kami sudah menyiapkan baik dari sisi kerapian, kebersihan maupun kesiapan stok masing-masing SPBU. Untuk supply ke masing-masing penyalur, kami upayakan penambahan, baik pertalite , pertamax maupun bio solar , termasuk aftur ," jelasnya.

Estimasi persentase penambahan yang telah disediakan untuk gasoline , yaitu gabungan pertalite dan pertamax , adalah 15%, sedangkan estimasi untuk gasoil atau solar untuk mesin diesel adalah 6%. Estimasi tersebut diukur dari rata-rata penyaluran harian ketika normal. Persiapan penambahan ini akan dimulai pada tanggal 4 - 10 September 2022 setelah selesai rangkaian G20.

Secara teknis, lanjut dia penambahan stok BBM akan dilakukan menggunakan kapal yang sudah floating atau standby di Fuell Terminal . Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kendala seperti cuaca.

"Kami tetap jaga, supaya stok di Fuell Terminal tetap aman, agar distribusi ke SPBU itu tidak terlambat," jelasnya lagi

Dikatakan Reyner bahwa untuk SPBU tidak ada spesifik penunjukan khusus, mengingat Pertamina memiliki tiga lembaga penyalur terdekat dari Sheraton Belitung Resort, tempat penyelenggaraan G20.

"Dua pertashop dan satu SPBU Kompak ini yang akan kami prioritaskan, selain satu unit mobil tangki yang akan kami siapkan jika memang diperlukan. Stok di tiga penyalur ini yang akan kami jaga, karena memang yang terdekat dari lokasi. Malam juga tetap beroperasi," ungkapnya.

Selain itu, SPBU di Tanjung Pandan juga tetap disiapkan. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Belitung supaya nantinya SPBU di kota akan disiapkan stoknya.

"Jadi, kendaraan ini apabila memang butuh pengisian di kota, kami tetap bisa layani karena dapat terlihat dari stiker yang ditempel di mobil. Teman-teman di SPBU juga sudah kami briefing ," pungkasnya.

Topik Menarik