Loading...
Loading…
Dinobatkan Kota Layak Anak, Pemkot Gorontalo Dorong Pemenuhan Hak Anak dalam Pembangunan Daerah

Dinobatkan Kota Layak Anak, Pemkot Gorontalo Dorong Pemenuhan Hak Anak dalam Pembangunan Daerah

Travel | koran-jakarta.com | Minggu, 04 September 2022 - 11:32

Kota Gorontalo berhasil meraih penghargaan Kota Layak Anak dengan predikat pratama di tahun 2022. Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo menekankan hak anak sebagai bagian dari hak asasi manusia wajib dijamin, dilindungi, dan dipenuhi oleh orang tua sebagai lingkungan pertama dan utama.

Sekretaris Daerah Kota Gorontalo Ismail Madjid mengatakan, pemenuhan hak-hak anak menjadi hal penting yang masuk dalam plan pembangunan Kota Gorontalo. Demi mewujudkan hal itu, maka semua pihak perlu terlibat, terutama untuk menyiapkan anak yang unggul sebagai tunas bangsa penerus cita-cita pembangunan.

"Karena keseriusan kita, di tahun 2022 ini Kota Gorontalo telah meraih penghargaan Kota Layak Anak dengan predikat pratama. Banyak kendala dan tantangan kita hadapi tetapi berkat kolaborasi pemerintah dan masyarakat, prestasi bisa diraih. Kita sungguh-sungguh membangun Kota Layak Anak," ujar Ismail.

Ismail mengatakan, salah satu indikator Kota Layak Anak (KLA) adalah pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) yang kini dilaksanakan Pemerintah Kota Gorontalo. Program ini menghadirkan para ahli dengan tujuan utama memperkuat SDM dalam pemenuham KHA.

"Inilah saatnya, kita mewujudkan apa yang menjadi harapan dan cita-cita kita menjadikan Kota Gorontalo sebagai kota layak anak, kota yang afirmatif sebagai kota yang layak untuk anak tumbuh dan berkembang," ucapnya.

Dengan adanya pelatihan ini, Ismail berharap pemahaman para orang tua terkait hak-hak anak semakin lebih baik. Sehingga, kota Gorontalo akan semakin dinilai baik untuk ditetapkan sebagai kota layak anak.

"Memang kami sadari tentu tantangan untuk menjadikan daerah ini sebagai kota layak anak tantangannya sangat besar, namun tanggung jawab untuk hak anak ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah ataupun dinas terkait tapi ini menjadi tanggung jawab kita bersama warga masyarakat," tuturnya.

Original Source

Topik Menarik