Loading...
Loading…
Wow! Tiongkok Luncurkan Satelit Misterius Chuangxin 16 ke Luar Angkasa, Buat Apa?

Wow! Tiongkok Luncurkan Satelit Misterius Chuangxin 16 ke Luar Angkasa, Buat Apa?

Travel | koran-jakarta.com | Minggu, 04 September 2022 - 08:32

Tiongkok terus mengembangkan teknologi dalam eksplorasi luar angkasa. Kini, Tiongkok meluncurkan satelit misterius Chuangxin 16 menggunakan roket padat kecil Kuaizhou-1A.

Dilansir dari laman Space , Minggu (28/8), peluncuran tersebut dilakukan dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang di barat daya Tiongkok, Selasa, 23 Agustus lalu waktu setempat.

Peluncuran tersebut berhasil mengirim satelit Chuangxin 16 ke orbit lingkaran dekat pada ketinggian sekitar 366 mil atau atau setara 590 kilometer. Adapun satelit tersebut dikembangkan oleh Innovation Academy for Microsatellites dari Chinese Academy of Sciences (IAMCAS).

Meski begitu, Tiongkok tidak menjelaskan secara detail terkait jumlah dan jenis satelit yang diluncurkan ke luar angkasa. Media pemerintah Tiongkok hanya memberikan deskripsi yang tidak jelas tentang misi peluncuran tersebut, yang menyebutnya bertujuan untuk "eksperimen ilmiah dan verifikasi teknologi baru."

Peluncuran satelit Tiongkok itu mendapatkan perhatian dari Amerika Serikat (AS). AS diminta oleh para pengamat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kemajuan pesat Tiongkok dalam eksplorasi luar angkasa.

Upaya pelacakan Angkatan Luar Angkasa AS menemukan satu objek baru di orbit yang sesuai dengan peluncuran pada 25 Agustus 2022. Objek itu memiliki tujuan pada orbit internasional 2022-102A.

Namun, laporan pasca-peluncuran dari IAMCAS menyatakan bahwa misi tersebut adalah peluncuran satelit ganda yang melibatkan satelit Chuangxin 16 A dan B. Perbedaan tersebut dapat dijelaskan oleh dua satelit yang saat ini bergabung tetapi kemudian akan terpisah sebagai bagian dari misi mereka, nantinya satelit kedua akan bergabung dengan Chuangxin 16 yang sudah diluncurkan di orbit pada penerbangan selanjutnya.

Peluncuran itu adalah misi ke-16 dari roket padat Kuaizhou-1A, yang dioperasikan oleh Expace, sebuah perusahaan kecil milik Tiongkok, kontraktor pertahanan dan ruang angkasa CASIC. Itu adalah peluncuran roket Kuaizhou-1A pertama dari Xichang.

Artinya, roket tersebut kini telah berhasil diluncurkan dari tiga pelabuhan antariksa Tiongkok yang berbeda dan memberikan opsi baru untuk peluncuran. Misi tersebut adalah peluncuran orbit ke-33 Tiongkok pada tahun 2022, yang menjadikan tahun tersibuk bagi Beijing untuk peluncuran ke luar angkasa.

Original Source

Topik Menarik