10 Kota Terbising di Dunia, Indonesia Termasuk?

10 Kota Terbising di Dunia, Indonesia Termasuk?

Travel | BuddyKu | Selasa, 30 Agustus 2022 - 12:42
share

IDXChannel Ada beberapa kota terbising di dunia yang memiliki tingkat desibel yang sangat tinggi.

Anda pasti pusing mendengar berbagai macam suara saat berada di luar ruangan, mulai dari suara mesin mobil, motor, klakson, orang marah-marah, dan lain sebagainya. Dalam kadar yang tepat, sebenarnya suara-suara tersebut tidaklah mengganggu dan tidak menjadi polusi suara.

Kota Terbising di Dunia

Berdasarkan rekomendasi WHO, rekomendasi tingkat suara di siang hari berkisar antara 45 hingga 54 dB, sedangkan untuk di malam hari berada di 40 hingga 45 dB. Jika berada di luar ruangan atau di area perumahan, batas tingkat kebisingan yang direkomendasikan adalah 55 dB LAeq, dan 70 dB LAeq untuk area lalu lintas dan komersial. Melansir dari laporan Frontiers 2022: Noise, Blazes and Mismatches, berikut adalah 10 kota terbising di dunia saat ini:

1. Dhaka, Bangladesh

Di urutan pertama ditempati oleh kota Dhaka, Bangladesh. Dhaka menempati urutan pertama dengan tingkat kebisingan mencapai 119 dB, dengan tingkat terendahnya di angka 57 dB.

Tentu angka tersebut sudah jauh melampaui batas rekomendasi dari WHO. bahkan batas bawahnya pun masih di atas batas rekomendasi tersebut.

2. Moradabad, India

Kota berikutnya yaitu Moradabad, India. Kota ini memiliki tingkat kebisingan mencapai 114 dB dengan batas bawahnya di angka 29 dB.

Angka yang tidak terpaut jauh dari Dhaka, namun bedanya batas bawah dari kota Moradabad cukup rendah.

3. Islamabad, Pakistan

Di Pakistan, Islamabad menjadi salah satu kota yang memiliki tingkat desibel yang tinggi. Batas teratas desibel yang dihasilkan dari kota ini mencapai 105 dB dengan batas bawah 47 dB.

4. Rajshahi, Bangladesh dan Ho Chi Minh City, Viet Nam

Dua kota berikutnya yang memiliki tingkat desibel tertinggi yakni Rajshahi, Bangladesh dan Ho Chi Minh, Viet Nam. Kedua kota ini memiliki tingkat desibel tertinggi di angka 103 dB.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa para pesepeda yang sudah bersepeda sepanjang 1.000 km di area perkotaan terdampak polusi suara dengan tingkat lebih tinggi dari 78 dB, yang mana bisa merusak pendengaran mereka.

5. Ibadan, Nigeria

Di Nigeria, sebuah kota bernama Ibadan memiliki tingkat desibel yang cukup tinggi, yakni berada di angka 101 dB. Sedangkan batas bawah yang dihimpun dari data Frontiers 2022 berada di angka 59 dB, yang mana masih lebih tinggi dari batas yang ditetapkan WHO.

6. Kupondole, Nepal dan Algiers, Algeria

Kota terbising di dunia selanjutnya adalah Kupondole, Nepal dan Algiers, Algeria. Kedua kota ini memiliki tingkat desibel sebesar 100 dB. Batas bawah dari Kupondole berada di angka 70 dB, sedangkan Algiers berada di angka 79 dB.

7. Bangkok, Thailand

Salah satu kota yang berada di kawasan Asia Tenggara ini juga memiliki tingkat desibel yang tinggi. Bangkok memiliki tingkat desibel tertinggi mencapai 99 dB, dengan tingkat terendahnya berada di angka 48 dB.

8. New York, Amerika Serikat

Kota New York di Amerika Serikat memiliki tingkat desibel yang cukup tinggi, yakni 95 dB. Untuk tingkat desibel terendah New York sendiri ada di angka 56 dB, sedikit lebih tinggi dari rekomendasi WHO.

Lebih dari 2 juta orang berlalu-lalang menggunakan transportasi umum di kawasan metropolitan New York. 9 dari 10 orang yang menggunakan fasilitas transit terpapar tingkat suara yang melebihi rekomendasi 70 dB, yang bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

9. Damaskus, Syria

Damaskus di Syria memiliki tingkat desibel suara yang tinggi, yakni 94 dB. Sedangkan untuk batas terendahnya berada di 63 dB.

10. Manila, Filipina

Terakhir yaitu kota Manila di Filipina. Manila merupakan kota yang cukup padat dengan tingkat kebisingan mencapai 92 dB, sedangkan untuk batas terendahnya berada di angka 75 dB.

Itulah 10 kota terbising di dunia yang dihimpun dari data Frontiers 2022: Noise, Blazes and Mismatches. Indonesia, atau lebih tepatnya Jakarta, berada di level yang sedikit lebih tinggi dari batas rekomendasi WHO, yakni 73 dB dan 52 dB.

Topik Menarik