Perlu Dicoba! 10 Makanan Enak Penurun Kolesterol Jahat

Perlu Dicoba! 10 Makanan Enak Penurun Kolesterol Jahat

Travel | BuddyKu | Kamis, 25 Agustus 2022 - 14:51
share

JAKARTA Kolestrol jahat menjadi momok yang sangat menakutkan. Namun, Anda tak perlu khawatir berlebihan. Ada beragam makanan enak yang ternyata dapat menurunkan kolesterol jahat.

Diet sehat dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi dalam darah yang bisa mengakibatkan masalah kesehatan serius seperti stroke dan serangan jantung.

Diet ini mengharuskan Anda meningkatkan serat dan mengurangi lemak jahat. Menambahkan lebih banyak sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan ke dalam diet dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

Kolesterol adalah zat lilin yang mengalir melalui aliran darah, tetapi tidak semuanya buruk. Kolesterol baik membantu menghilangkan kolesterol jahat. Tingkat kolesterol jahat yang tinggi meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Ini karena terjadi penyumbatan arteri dengan plak, suatu kondisi yang disebut aterosklerosis. Tes darah dapat menentukan apakah Anda memiliki kolesterol tinggi.

1. Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung lebih banyak kakao daripada produk cokelat lainnya, yang menyediakan jumlah flavonoid yang lebih tinggi di setiap porsi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association menemukan bahwa makan cokelat hitam meningkatkan profil lipid darah dari waktu ke waktu. Cobalah untuk memilih produk cokelat hitam yang setidaknya 70 persen terkonsentrasi atau lebih tinggi.

2. Berry

Polifenol, yang merupakan senyawa nabati yang secara alami membantu mengatur sistem kardiovaskular, ditemukan dalam jumlah tinggi dalam stroberi. Penelitian telah menghubungkan stroberi dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah karena jumlah polifenol yang tinggi.

Dengan 8 gram serat hanya dalam satu cangkir, raspberry dapat menjaga kesehatan Anda. Makan serat yang cukup, setidaknya 25 gram per hari menurunkan kadar kolesterol jahat dan mendukung pencernaan yang sehat.

3. Kacang

Serat, terutama jenis larut dalam kacang, dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung. Kacang polong salah satu penurun kolesterol terbaik. Hanya 1/3 cangkir kacang mengandung sekitar 12 gram serat, setengah dari nilai harian Anda.

Terlebih lagi, kacang ini dikemas dengan antioksidan dan terkait dengan kolesterol jahat yang lebih rendah. Kacang hitam juga padat serat, dengan 8 gram dalam porsi setengah cangkir, 100 kalori. Anda juga akan mendapatkan banyak protein nabati yang mengenyangkan dari kacang jenis ini.

4. Terong dan Okra

Terong telah dikaitkan dengan pengurangan stres oksidatif berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Evidence-Based Complimentary and Alternative Medicine. Stres dapat menyebabkan kolesterol tinggi dengan memulai peradangan kronis dan pembentukan plak.

Mirip dengan rasa terong, okra adalah sayuran rendah kalori yang sempurna sebagai menu makan malam yang sehat dan kaya akan serat larut yang menyehatkan jantung. Ini juga merupakan sumber polifenol yang baik, yang melawan peradangan secara alami sebagai bagian dari diet seimbang.

5. Kentang

Kentang panggang sebenarnya menyediakan lebih banyak potasium yang menyehatkan jantung daripada pisang. Mendapatkan jumlah yang cukup dari nutrisi yang sangat penting ini juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

6. Tomat

Inilah potasium lainnya, dengan vitamin A dan C untuk tubuh. Tomat juga mengandung antioksidan likopen, senyawa yang terkait dengan penurunan kadar kolesterol jahat dalam dosis yang lebih tinggi.

7. Sayuran Berdaun Hijau

Menambahkan lebih banyak sayuran hijau ke piring Anda dapat membantu menurunkan kolesterol dengan meningkatkan produksi oksida nitrat (NO), yang membantu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi aterosklerosis.

Kale membantu menyehatkan jantung karena kaya akan potasium, magnesium, antioksidan, dan serat. Selain itu, mineral dalam sayuran ini dapat bekerja untuk mengimbangi efek natrium, menangkal hipertensi atau tekanan darah tinggi.

8. Apel

Sebuah apel sehari bisa menjauhkan dari penyakit jantung. Bukti telah menunjukkan bahwa konsumsi apel yang sering dapat mengurangi kolesterol total. Itu berkat senyawa fenolik yang ditemukan di kulit apel, senyawa antioksidan yang meningkatkan fungsi sel yang sehat dan aliran darah yang tepat.

9. Ubi Jalar dan Labu

Ubi jalar baik untuk kesehatan karena rendah kalori, penuh dengan serat, dan kaya dengan potasium dan beta-karoten, yang keduanya melindungi dari penyakit jantung. Rendah kalori tetapi kaya serat, labu adalah pengganti ubi jalar musiman yang kaya antioksidan.

10. Alpukat

Karena kaya akan lemak dan serat tak jenuh yang menyehatkan jantung, alpukat dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. Uji klinis secara konsisten menemukan bahwa makan alpukat dapat menurunkan kolesterol jahat, dengan efek menguntungkan pada profil lipid dan lipoprotein.

Diekstrak dari daging buah alpukat, minyak alpukat membawa banyak manfaat yang sama. Di mana minyak ini sarat dengan lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung yang dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Topik Menarik