Loading...
Loading…
6 Tempat Wisata Populer di Sumedang, Wajib Dikunjungi Saat Liburan

6 Tempat Wisata Populer di Sumedang, Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Powered by BuddyKu
Travel | iNewsBandungRaya | Selasa, 23 Agustus 2022 - 10:18

SUMEDANG, INEWSBANDUNGRAYA - Sumedang bukan hanya terkenal dengan kuliner khasnya yakni Tahu. Selain tahu Sumedang, ada beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di salah satu kabupaten di Jawa Barat ini.

Perlu diketahui sebelumnya, sebagian besar wilayah Sumedang adalah pegunungan. Maka, tak heran kalau kabupaten ini memiliki panorama alam yang indah dan udara yang sejuk seperti halnya Kota Bandung.

Nah, jika kamu berniat untuk pergi liburan, maka wisata Sumedang ini patut untuk jadi salah satu tempat yang harus kamu kunjungi.

Sumedang punya banyak tempat wisata populer, mulai dari situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian, sampai air terjun yang sangat memanjakan mata.

Berikut ini kami rekomendasi beberapa tempat wisata populer di Sumedang yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Curug Cinulang

Curug Cinulang berada di Desa Sindulang. Keunikan curug ini karena tidak hanya memiliki 1 air terjun tapi 2 yang saling berdampingan.

Air terjun ini sangat populer di kalangan wisatawan. Terlebih wisatawan asal Tanah Sunda. Meskipun saat ini masih dikelola secara tradisional oleh masyarakat.

Keindahan Curug Cinulang bahkan digambarkan dalam sebuah lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi Sunda bernama Darso. Lagu dalam Bahasa Sunda ini menggambarkan betapa indahnya Curug Cinulang. Dengan dua air terjun yang berdampingan serta alam yang mempesona.

2. Museum Prabu Geusan Ulun

Museum Prabu Geusan Ulun, merupakan salah satu tempat wisata sejarah di Sumedang. Lokasinya yang berada di pusat kota dan dekat dengan Alun-Alun Sumedang, membuat Museum Sumedang ini sangat mudah untuk dituju.

Museum Prabu Geusan Ulun berdiri pada tanggal 1 Maret 1974, tujuan awalnya ialah untuk menunjukkan sejarah di masa lalu bahwa Sumedang memiliki kerajaan yang besar dan jaya yakni Kerajaan Sumedang Larang.

Dan berfungsi sebagai tempat menyimpan benda-benda pusaka peninggalan Kerajaan Sumedang Larang ataupun Kerajaan Pajajaran hingga zaman Kebupatian.

Museum ini awalnya bernama Museum Sumedang, kemudian berganti nama menjadi Museum Prabu Geusan Ulun hingga saat ini. Dan menjadi situs bersejarah yang ada di Sumedang.

3. Wisata Air Gajah Depa

Wisata Air Gajah Depa salah satu waterpark yang ada di Sumedang, tepatnya di Kecamatan Cimalaka. Wisata air ini memiliki view kekinian dan juga ramah anak.

Berenang merupakan kegiatan seru dan menyenangkan, apalagi untuk anak-anak. Mereka paling senang jika kita ajak untuk bermain air, tak perduli panas ataupun hujan.

Wisata Air Gajah Depa dapat menjadi salah satu pilihan ketika hendak mengajak anak bermain air, apalagi banyak wahana permainan yang dapat dimainkan.

4. Bumi Perkemahan Kiara Payung

Bumi Perkemahan Kiara Payung adalah salah satu tempat wisata yang berada di Cikeyep Girang, Cilayung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Tempat wisata ini selalu ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Bumi Perkemahan Kiara Payung memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika kamu berada di Kota Sumedang tapi tidak mengunjungi wisata bumi perkemahan yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

5. Wana Wisata Ciburial

Obyek Wisata Wana Wisata Ciburial adalah salah satu tempat wisata yang berada di Licin, Cimalaka, Kabupaten Sumedang. Tempat wisata ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Tempat wisata ini memiliki pesoda keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi karena keindahan alam dan udara yang sejuk. Bagi kamu yang datang dari luar Sumedang jangan khawatir karena di tempat ini juga tersedia penginapan yang bisa disewakan.

6. Wana Wisata Kampung Ciherang

Wisata Kampung Ciherang ini berkonsep wisata outdoor yang sangat pas untuk aktivitas outbond maupun camping. Tetapi buat kamu yang sekedar ingin tahu atau hobi berburu spot foto kece, maka bisa memasuki wisata ini dengan biaya tiket yang terjangkau.

Kamu bisa mengajak teman maupun keluarga untuk mengunjungi Wisata Kampung Ciherang. Dengan begitu suasana tentu menjadi lebih asyik dan menyenangkan. Di sana kamu bisa merasakan sensasi alami lingkungan yang jauh dari polusi kendaraan.

Original Source

Topik Menarik